Kreasi Yogurt di Berbagai Negara, Yuk Simak!

Yogurt merupakan salah satu makanan yang sangat disukai banyak orang karena rasanya yang enak dan baik untuk tubuh. Biasanya orang mengonsumsi yogurt sebagai camilan manis, seperti pada salad buah atau puding. Tapi tahukah sahabat Duma kalau yogurt juga bisa dijadikan saus untuk makanan lain? Mari kita simak kreasi yogurt berikut ini!

Kreasi Yogurt di Berbagai Negara

Yogurt via freepik/freepik Kreasi Yogurt di Berbagai Negara, Yuk Simak!
Yogurt via freepik/freepik

Yogurt enak dan menyehatkan karena mengandung banyak manfaat. Makanan yang ini dapat membantu tubuh tetap kuat, serta mempermudah mencerna makanan, dan bahkan membuat kulit terlihat bagus! Saus yogurt dibuat dengan cara berbeda di seluruh dunia. Rasanya bisa asam, pedas, atau gurih. Berikut beberapa contoh kreasi yogurt dari berbagai negara.

Schmand und Glumse – Jerman

Dalam bahasa Jerman, “Schmand” berarti sejenis krim asam yang sedikit kurang asam dibandingkan “creme fraiche”. “Glumse” adalah produk susu serupa yang lebih mirip keju quark atau keju segar. Namun, baik “schmand” maupun “glumse” sebenarnya terbuat dari yogurt dan krim asam.

Saus spesial ini semakin nikmat dengan tambahan telur serta dilengkapi beberapa bahan lainnya seperti jus lemon, bawang bombay, daun bawang, dan minyak zaitun.

Labneh – Yordania

Labneh adalah saus yogurt yang sangat mudah dibuat karena hanya terbuat dari dua bahan – yogurt dan garam. Labneh merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai banyak orang di Yordania. Namun hal ini juga dinikmati di negara-negara terdekat lainnya seperti Palestina, Suriah, Lebanon, Siprus, dan Mesir. Setiap negara mempunyai cara tersendiri dalam menyajikannya.

Baca lainnya  5 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Baik Dikonsumsi

Jika sahabat Duma ingin mencoba saus yogurt dari berbagai negara, Maka bisa mencoba Labneh karena pembuatannya yang mudah.

Kashke Bademjan – Iran

Sama seperti negara kita, Iran juga punya saus lezat yang terbuat dari yogurt. Di Iran, mereka menyebut salah satu hidangan populer mereka “Kashke bademjan”, yang artinya dibuat dengan campuran whey cair dan terong.

Kashke adalah saus spesial yang dibuat dari fementasi yogurt dengan air hangat. Sehingga menjadi kental dan enak! Namun jika tidak punya kashke, sahabat Duma bisa menggunakan yogurt atau krim asam sebagai gantinya.

Untuk membuat saus ini, kita hanya perlu mencampurkan bawang bombay tumisan , minyak zaitun, mint, terong panggang, kenari, dan kashke atau yogurt. Tapi biar lebih enak, terongnya kita hancurkan dulu biar terasa kental dan halus.

Tzaziki – Yunani

Tzatziki adalah saus lezat yang terbuat dari yogurt spesial yang dibuat dengan susu domba dan kambing. Ini juga memiliki mentimun yang enak dan menyegarkan yang ditambahkan ke dalamnya.

Saat kami menambahkan bumbu, bawang putih, cuka, dan garam ke dalam tzatziki, rasanya sangat enak dan wanginya juga enak. Tzatziki biasanya disajikan dingin dan bisa dioleskan di atas roti atau digunakan sebagai saus pada makanan enak seperti salad gyros atau souvlaki.

Baca lainnya  Membersihkan Stainless Steel Mudah dan Praktis, Cek di sini Aja!

Haydari -Turki

Haydari itu seperti tzatziki, tapi tidak mengandung mentimun dan cuka. Sebaliknya, ia memiliki bahan pedas yang disebut paprika bubuk, yang membuatnya terasa asam dan memberi sedikit rasa pedas di mulut .

Haydari biasanya disantap dengan hidangan kecil atau makanan ringan lainnya dari Turki seperti roti atau sayuran. Beberapa orang suka menambahkan bubuk cabai agar lebih nikmat, tapi itu opsional.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan