Kulkas Sering Rusak ? Stop Lakukan Hal Berikut Ini!

Kulkas sering rusak ? Contohnya tidak dingin seperti pertama kali dibeli? Nah itu artinya kamu sering kali melakukan hal-hal berikut ini. Mulai sekarang, jangan lakukan hal berikut ini lagi ya, nih tim duma berikan informasinya untukmu!

Kulkas Sering Rusak ? Berikut Tips Agar Kulkasmu Awet!

Hindari Kulkas Sering Rusak via pixabay.com

Hindari Kulkas Sering Rusak via pixabay.com

Jangan mencampur semua jenis makanan di dalam kulkasmu

Hal ini lah yang menyebabkan kulkas sering rusak. Mengapa? Makanan tidak boleh dicampur antara yang matang dan yang mentah. Letakkan khusus untuk bagian atas adalah makanan yang matang dan siap saji. Sedangkan dibagian bawah adalah untuk menyimpan daging segar utuh seperti ikan dan daging sapi, di bawahnya lagi irisan daging, dan terakhir daging unggas. irisan daging harus diletakkan di rak urutan ketiga, agar tidak ada cairan yang mengalir atau menetes dan mengkontaminasi makanan lain.

Hal lain yang menyebabkan kulkas sering rusak adalah tidak memperhatikan suhu yang tepat

Suhu udara refrigerator setidaknya harus 1 derajat celcius lebih rendah daripada suhu yang diinginkan. Misalnya,  disarankan menyimpan daging unggas pada suhu 5 derajat celcius. Maka suhu udara dalam refrigerator minimal harus 4 derajat celcius. Jika kamu pemilik usaha di bidang kuliner, kamu harus selalu memastikan suhu unit pada refrigerator maupun freezer dalam posisi yang tepat ya!

Baca lainnya  Mitos Dalam Mengkonsumsi Mie Instant

Jangan menyimpan makanan panas di dalam refrigerator atau freezer

Makanan yang akan di simpan sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan. Masukkan makanan ke dalam wadah yang dangkal, atau bagilah makanan ke dalam wadah-wadah kecil agar lebih cepat dingin. Tunggu hingga uapnya benar-benar telah menghilang sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

Jangan membiarkan lemari es kotor dalam waktu yang lama

Tidak membersihkan lemari es secara rutin. Karena Pada rak di dalam lemari es sering terlihat genangan air akibat tetesan air, kuah, atau saus dari makanan. Kondisi yang lembab dan kotor inilah yang menyebabkan kulkas menjadi sumber bakteri, dan membuat rak makin sulit dibersihkan. Pastikan juga agar lemari es tetap dalam tetap bersih dan kering.

Jangan menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lama.

Apabila kamu berniat bepergian ke luar kota selama beberapa hari, pastikan kamu sudah memindahkan barang-barang dari dalam kulkas, dan simpan di tempat lain. Kemudian, cabut stop kontak lemari es agar tidak menghabiskan listrik dengan percuma. Dan agar makanan yang sudah tidak segar tidak membuat lemari es atau kulkasmu menjadi bau.

Baca lainnya  Meily Chin Belajar Memasak Setelah Menikah

Jangan menyimpan makanan yang dibungkus plastik

Menyimpan makanan di dalam plastik kresek dan tidak membukanya akan membuat sayuran atau buah cepat rusak dan cepat layu. Jika buah dan sayuran layu akan mempengaruhi nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan