Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

Biji wijen rasanya unik dan baik untuk kesehatan kita juga! Mereka memiliki banyak hal penting di dalamnya seperti serat, protein, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh kita. Mereka berasal dari tanaman yang disebut Sesamum indicum. Biji wijen adalah biji kecil umumnya sebagai topping makanan yang seperti pangsit dan roti. Meskipun kecil, mereka dapat membantu tubuh dalam banyak hal seperti menjaga gula darah tetap baik dan membuat sistem kekebalan lebih kuat. Berikut ini adalah manfaat biji wijen ala tim duniamasak.com:

Cari Tahu Manfaat Biji Wijen

Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan via freepik ala tim duniamasak.com
Biji Wijen via freepik

Biji wijen dapat dibagi menjadi dua jenis – wijen putih dan wijen hitam. Meskipun komposisi nutrisi dari kedua jenis ini sangat mirip, penelitian menunjukkan bahwa biji wijen hitam mengandung kadar kalsium dan antioksidan antosianin yang lebih tinggi. Terlepas dari perbedaan ini, kedua jenis biji wijen menawarkan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, biji wijen merupakan sumber mineral yang baik seperti zat besi, magnesium, dan seng, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, sirkulasi darah yang baik, dan kesehatan secara keseluruhan. Intip sederet manfaat biji wijen:

Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Biji wijen memiliki kalsium yang baik untuk tubuh kita. Kalsium banyak ditemukan di bagian luar biji wijen. Wijen juga memiliki kandungan penting lainnya di dalamnya seperti magnesium, fosfor, potasium, dan seng.

Baca lainnya  [QUIZ] Pilih 1 Lembar Uang, DuMa Tahu Berapa Banyak Hampers yang Kamu Beli

Mengonsumsi biji wijen baik untuk tulang dan gigi karena mengandung zat yang menyehatkan. Penting untuk memiliki cukup zat khusus yang disebut kalsium agar tulang tetap kuat dan sehat.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi, umumnya dikenal sebagai hipertensi, menimbulkan risiko yang signifikan terhadap kesehatan jantung dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan stroke. Untuk mempertahankan tekanan darah yang stabil dan menangkal hipertensi, penting untuk memasukkan makanan kaya kalium, seperti biji wijen, ke dalam makanan.

Biji wijen tidak hanya mengandung potasium yang bermanfaat, tetapi juga mengandung antioksidan, magnesium, protein, dan serat yang membantu mengatur tekanan darah. Namun demikian, sangat penting untuk melengkapi konsumsi biji wijen ini dengan pola makan sehat, sering berolahraga, dan menghindari tembakau untuk mendapatkan manfaat potensialnya sepenuhnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Biji wijen memiliki segudang nutrisi penting seperti seng, selenium, tembaga, besi, antioksidan, dan folat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatkan kekebalan tubuh, itu membentenginya dari serangan penyakit, memastikannya tetap tangguh dan tahan dari berbagai penyakit.

Menurunkan kolestrol

Biji wijen mengandung kombinasi serat, lignan, dan fitosterol yang mengesankan yang telah terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. Selanjutnya, sifat antioksidan yang luar biasa hadir dalam biji wijen telah terbukti menghambat perkembangan aterosklerosis, suatu kondisi yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Dengan demikian, memasukkan biji wijen ke dalam makanan seseorang dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca lainnya  5 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Baik Dikonsumsi

Melancarkan pencernaan

Biji wijen mengandung serat, yang membantu pencernaan bekerja lebih baik. Makan cukup serat juga penting untuk menghentikan dari sembelit. Kita juga bisa mendapatkan serat dari hal-hal lain, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan