Cara Merawat Oven Ala Tim DuniaMasak yang Patut Kamu Coba

Hai sahabat duma, apakah kamu memiliki oven di rumah? Jika iya, tentu kamu harus merawat oven agar berfungsi dengan baik dan tahan lama. Nah, untuk itu, banyak trik dan tips yang bisa kamu kerjakan. Simak informasinya di bawah ya!

Cara Merawat Oven

Microwave Oven Panasonic untuk merawat oven via DuniaMasak

Microwave Oven Panasonic via DuniaMasak

Salah satu cara untuk merawat oven adalah membersihkannya secara teratur. Nah, selain itu, masih banyak nih tips di bawah ini yang bisa kamu kerjakan.

Gunakan Produk Khusus Pembersih Oven

Perlu kamu ketahui, membersihkan oven dengan air saja tidak akan maksimal karena kebanyakan kotoran yang menempel pada oven. Biasanya menempel kuat dan sulit dibersihkan. Sebaiknya, kamu bisa membeli produk khusus pembersih oven yang bisa dengan mudah kamu temukan di supermarket.

Agar pekerjaanmu menjadi lebih mudah, carilah produk berbentuk cair yang hanya disemprot atau tuang saat digunakan. Jika noda pada oven sangat membandel, kamu bisa membeli produk berbentuk krim yang kental.

Gunakan Campuran Bahan-bahan Alami

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membersihkan oven. Kamu bisa membuat pasta dari campuran cuka, soda kue, dan sabun pencuci piring. Setelah itu, gunakan lap basah untuk membersihkan sisa sabun sampai benar-benar bersih. Tak perlu khawatir pada bau cuka yang biasanya akan menempel pada oven, karena bau tersebut akan menghilang secara perlahan.

Baca lainnya  Ada Sayuran Unik Banyak Manfaat Lho!

Bersihkan Bagian Dalam Oven

Salah satu bagian terpenting dalam oven adalah bagian dalamnya, terutama bagian kaca dalam oven. Karena jika kaca buram, kamu akan kesulitan melihat proses pemanggangan kue. Bersihkan bagian dalam tersebut dengan lembut, lalu usap dengan lap basah. Setelah itu, usap kembali dengan lap kering agar oven tidak lembab.

Bersihkan Rak Dalam Oven

Meskipun terlihat sepele, tapi ternyata bagian rak oven ini juga sangat perlu dibersihkan. Bagian rak ini rentan terkena tumpahan adonan kue sehingga menimbulkan karat. Untuk membersihkan rak oven ini, kamu hanya perlu mengeluarkannya dari oven dan cuci bersih.

Jika rak berkerak, bersihkan dengan spons kawat yang lembut agar nantinya rak tidak berkarat. Tapi ingat, jangan sekalipun membersihkan rak dengan benda tajam seperti pisau, karena akan menggores permukaan rak. Setelah rak bersih, jangan lupa keringkan dengan lap.

Bersihkan Bagian Luar Oven

Sekilas membersihkan bagian luar oven ini mungkin terlihat tidak penting, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikannya begitu saja. Bagian luar oven yang bersih akan menimbulkan kesan terawat dan higienis. Juga akan mencegah debu dan kotoran dari luar masuk ke dalam oven. Bersihkan bagian luar oven dengan cara yang sama seperti saat kamu membersihkan bagian dalamnya.

Baca lainnya  Tips Cepat Hamil Dengan Konsumsi Makanan Berikut Untuk Kesuburan Wanita
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan