Berikut ini Pengganti Kopi Bagi Kamu Penderita Maag

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang tidak bisa mulai beraktivitas jika belum minum kopi? Jika ya, mungkin kamu sudah mengalami kecanduan kopi. Kopi disebut-sebut dapat membantu seseorang untuk benar-benar bangun di pagi hari dikarenakan kafein yang terkandung di dalamnya. Kafein bersifat stimulan yang bekerja mempengaruhi kerja otak dan sistem saraf. Dalam jumlah kecil, kafein dapat menyebabkan seseorang merasa lebih segar, awas, dan fokus. Namun, ternyata kopi cukup membahayakan bagi kamu penderita penyakit maag. Berikut ini tim DuniaMasak akan membagikan informasi pengganti kopi bagi kamu penderita maag.

Pengganti Kopi Bagi Penderita Maag

pengganti kopi via pexels.com

pengganti kopi via pexels.com

Hindari kopi di pagi hari

Pagi hari ternyata adalah waktu yang sebenarnya kurang tepat untuk mengonsumsi kopi, ini berhubungan dengan produksi hormon kortisol yang cenderung tinggi saat pagi hari. Hormon kortisol berperan dalam respon terhadap stress dan kadar gula darah yang rendah. Jika kamu mengonsumsi kafein saat hormon kortisol sedang tinggi, maka kafein dapat mempengaruhi produksi hormon tersebut. Sehingga, tubuh kamu akan memproduksi kortisol lebih sedikit dan menyebabkan tubuh menjadi cenderung mengandalkan kafein. Ini juga menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami kecanduan kafein, karena kafein seolah-olah menggantikan kerja hormon kortisol yang lebih natural saat membuatmu bangun di pagi hari.

Batasan kafein maksimal dalam satu hari

Bagaimana tubuhmu bereaksi terhadap kafein dan seberapa besar batas asupan kafein harianmu, berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut tergantung pada berat badan, metabolisme, kesehatan tubuh, hingga seberapa sering tubuhmu secara rutin mendapat asupan kafein. Tetapi biasanya, batasan konsumsi kafein per hari yang masih tergolong normal yaitu sebesar 400 mg. Sebagai perbandingan, satu porsi espresso atau latte dapat mengandung kafein hingga 200 mg, sementara kopi instan memiliki kadar kafein hingga 100 mg per sajiannya.

Baca lainnya  4 Cafe Hits di Balikpapan, Ayo Kesini!

Cara kafein mempengaruhi tubuh

Kerja kafein kurang lebih sama seperti kerja hormon adrenalin. Saat kita merasa ketakutan atau stres, kelenjar adrenal yang terdapat di dekat ginjal akan melepaskan hormon adrenalin langsung ke pembuluh darah. Hasil dari pelepasan hormon adrenalin ini adalah meningkatnya pernapasan dan detak jantung serta lonjakan energi yang bersifat tiba-tiba tetapi sementara.

Sama seperti komponen stimulan lainnya, kamu dapat mengalami peningkatan batas toleransi kafein. Ini berarti dari waktu ke waktu, kamu akan membutuhkan jumlah kafein yang semakin besar untuk mendapatkan efek yang sama. Lama kelamaan tubuhmu menjadi ketergantungan terhadap kafein agar dapat berfungsi maksimal. Salah satu hal yang menyebabkan sulitnya melepaskan diri dari kecanduan kafein adalah karena kebiasaan, misalnya kamu sudah terbiasa setiap pagi mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas sehingga kamu akan merasa kurang lengkap dan tidak dapat berfungsi secara maksimal sebelum mengonsumsi kopi.

Alternatif pengganti kopi di pagi hari

Teh hijau

Selain kopi, teh juga merupakan sumber kafein. Tergantung pada jenis teh dan bagaimana metode penyeduhannya. Jumlah kafein dalam teh bervariasi antara 30 hingga 100 mg per sajiannya. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang mengandung kafein, kadarnya tentu tidak sebanyak kafein pada kopi, tetapi cukup untuk membuatmu merasa segar di pagi hari tanpa memberikan efek samping seperti kopi. Tidak hanya kafein, teh hijau juga terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Salah satunya adalah kandungan katekin di dalam teh hijau yang bekerja sebagai antioksidan serta berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Infused water

Kamu dapat mencampur lemon, daun mint, dan mentimun ke dalam sebotol air untuk kemudian diminum saat bangun tidur. Rasanya yang segar dan sedikit asam bisa membangunkanmu sama baiknya dengan kopi. Jika kamu menginginkan jenis minuman hangat, kamu dapat mencampur perasan lemon dengan segelas air hangat.

Baca lainnya  Minum Kopi Tunjang Produktifitas Kerjamu Nih!

Apel

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa sebuah apel dapat menggantikan kopimu di pagi hari. Ini tidak berhubungan dengan kadar kafein, karena apel sendiri tidak mengandung kafein. Tetapi kadar gula dalam apel inilah yang menimbulkan teori bahwa apel dapat menggantikan kopi. Salah satu penyebab kopi dapat membantumu berfungsi secara maksimal di pagi hari adalah kadar gulanya. Tidak hanya kafein yang menstimulasi kerja sistem saraf, gula yang biasa kamu tambahkan ke dalam kopi berperan dalam meningkatkan kadar gula darah sehingga membuatmu merasa segar dan fokus.

Jahe

Secangkir jahe hangat di pagi hari dapat memberikan efek yang sama dengan secangkir kopi, ditambah manfaatnya bagi kesehatan pencernaan, kamu perlu memperhitungkan mengganti kopimu dengan jahe. Meredakan sakit perut, mengurangi kembung, mencegah masuk angin, hingga memperbaiki mood lho!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan