Ternyata ini Manfaat Daun Meniran, Banyak yang Tidak Tahu!

Manfaat daun meniran via freepik ala tim duniamasak.com

Daun meniran ini memang sangat mudah ditemui. Pasalnya tanaman yang satu ini mudah tumbuh dimana saja, tidak heran terkadang kita menemukannya di jalan. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat dalam mengobati beberapa penyakit. Yuk kita kupas tuntas manfaat daun meniran sebagai obat herbal bersama Duniamasak.com!

Daun Meniran dan Manfaatnya

Manfaat daun meniran via freepik ala tim duniamasak.com
Daun meniran via freepik

Nama latin dari daun meniran adalah Phyllanthus niruri. Siklus dari tanaman ini tergolong pendek dan bukan termasuk kedalam tanaman yang dibudidayakan. Meski demikian, tanaman yang berbentuk pendek dan berdaun kecil ini mengantongi banyak segudang manfaat. Berikut ini adalah manfaat daun meniran yang jarang diketahui:

Meredakan peradangan

Manfaat daun meniran salah satunya adalah meredakan peradangan. Peradangan ini bisa memberikan efek yang tidak baik pada tubuh karena peradangan bisa saja terjadi pada daerah kulit maupun penyakit kronis.

Baca lainnya  5 Asupan Gizi yang Sehat Untuk Si Kecil, Perhatikan ya Bunda!

Menangkal radikal bebas

Walaupun tumbuh liar, daun meniran ternyata mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga sel dalam tubuh dapat terjaga dengana baik dan mengurangi timbulnya berbagai penyakit.

Mengatasi batu ginjal

Mengonsumsi daun meniran dapat membantu dalam mengatasi batu ginjal. Kandungan dalam daun meniran dapat mengendurkan ureter pada penderita penyakit batu ginjal setelah melakukan penanganan medis. Daun ini juga dapat mengikis dan mencegah timbulnya batu yang baru.

Bersifat antikanker

Phyllanthus niruri ini dapat bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 dan 2012. Ramuan meniran dapat membantu untuk mencegah invasi dan migrasi sel kanker.

Baca lainnya  Membersihkan Pecahan Kaca, Bagaimana Caranya!

Mengobati hepatitis B

Hepatitis dapat diatasi dengan mengonsumsi daun meniran. Ini dikarenakan daun meniran dapat menjadi antivirus yang dapat melindungi hati.

Mengobati Diabetes

Daun meniran mampu mencegah penyerapan glukosa dan juga dapat menambah penyimpanan glukosan. Sehingga daun meniran mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Efek samping mengonsumsi meniran

Meniran dapat dikatakan aman bila dikonsumsi dalam jangka waktu sekitar 3 bulan. Disamping manfaat daun meniran, ada sebagian orang bila mengonsumsi meniran akan merasakan efek samping yang timbul seperti: nyeri saat buang air kecil, mual, sakit perut, diare bahkan reaksi alergi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!