Perbedaan Cincau Hijau dan Cincau Hitam

Siapa sih yang tidak mengenal cincau? Minuman yang memiliki tekstur kenyal dan khas warna hitam ini memang sangat populer di Indonesia. Tetapi, tahukah kamu bahwa cincau sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu cincau hitam dan cincau hijau? Kira-kira apa ya perbedaan cincau hijau dan cincau hitam?

Kenali Perbedaan Cincau Hijau dan Cincau Hitam

Perbedaan Cincau Hijau dan Cincau Hitam
Cincau via freepik/jcomp

Meskipun keduanya berasal dari tumbuhan yang sama, namun ada beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cincau Hijau

Cincau hijau memiliki nama ilmiah Cyclea barbata Miers dan biasa dikenal dengan nama daun cincau. Tumbuhan ini berasal dari famili Menispermaceae dan tumbuh liar di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Pada umumnya, cincau hijau memiliki warna hijau gelap saat masih mentah dan berubah menjadi warna hitam setelah diolah.

Proses pembuatan cincau hijau biasanya dimulai dengan mencampurkan daun cincau yang telah dikeringkan dengan air panas dan gula. Setelah itu, campuran tersebut didinginkan dan dipotong-potong menjadi bentuk yang lebih kecil. Cincau hijau memiliki rasa yang tawar dan sedikit sepat sehingga biasanya dikonsumsi dengan tambahan sirup atau santan.

Cincau Hitam

Sementara itu, cincau hitam memiliki nama ilmiah Mesona palustris Blume dan dikenal juga dengan sebutan daun cincau hitam. Tumbuhan ini berasal dari famili Lamiaceae dan tumbuh liar di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara. Cincau hitam memiliki warna hitam pekat dan biasanya sudah berbentuk potongan kecil saat dijual.

Baca lainnya  Kenali Ciri-ciri Mie yang Mengandung Formalin & Berbahaya Bagi Kesehatan

Proses pembuatan cincau hitam hampir sama dengan cincau hijau, namun pada cincau hitam tidak ditambahkan gula. Hal ini membuat cincau hitam memiliki rasa yang lebih pekat dan manis alami. Selain itu, cincau hitam juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dari cincau hijau sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Perbedaan Lainnya

Selain warna dan rasa, ada juga perbedaan lain yang mencolok antara cincau hijau dan cincau hitam. Salah satunya adalah tekstur. Cincau hijau memiliki tekstur yang lebih kenyal dan kenyal, sedangkan cincau hitam lebih lembut dan hancur saat dikunyah. Selain itu, cincau hitam juga memiliki aroma yang lebih kuat dan menyegarkan dibandingkan dengan cincau hijau.

Di Indonesia, kedua jenis cincau ini biasanya digunakan untuk membuat minuman segar yang disebut es cincau. Meskipun memiliki perbedaan, tetapi kedua jenis cincau ini sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti membantu pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca lainnya  Apa Sih Manfaat Bulgur bagi Kulit? Yuk Cari Tahu!

Itulah tadi perbedaan antara cincau hijau dan cincau hitam. Keduanya memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing yang membuatnya tetap populer dan dicintai oleh masyarakat Indonesia. Jadi, sudah tahu kan perbedaan di antara keduanya? Selamat mencoba sahabat Duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com