Resep Donat Kentang, Lembut dan Mengenyangkan!

Membuat donat kentang itu sederhana dan merupakan varian yang populer di kalangan banyak orang. Donat ini bergizi karena karbohidrat dan vitamin dalam kentang. Apalagi bila dinikmati dengan secangkir teh hangat untuk camilan santai. Yuk kita intip resep donat kentang yang lembut ini!

Resep Donat Kentang

donat cokelat dok. duniamasak Resep Donat Kentang, Lembut dan Mengenyangkan!
Donat cokelat dok. duniamasak

Sahabat Duma dapat dengan mudah mempelajari cara membuat donat kentang menggunakan bahan-bahan dasar, tentunya membuatnya pilihan yang bagus untuk pemula. Ada banyak resep berbeda yang tersedia untuk membuat donat kentang dalam berbagai rasa. Berikut ini adalah salah satunya, jangan lupa disiapkan bahan-bahan berikut ini!

Bahan-bahan:

  • ½ sdt garam halus
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 40 gr mentega
  • 40 gr gula pasir
  • 100 gr kentang kukus yag sudah dihaluskan
  • 100 gr tepung terigu serba guna
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi

Bahan biang:

  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt gula pasir
  • 55 ml air hangat

Cara memasak:

  1. Cara membuat biang: Siapkan wadah. Kemudian tambahkan gula serta ragi dan air hangat. Campur secara merata dengan cepat. Pisahkan selama sekitar sepuluh menit hingga gelembung muncul.
  2. Cara membuat adonan: Siapkan tempat penyimpanan. Tambahkan bahan biang, susu bubuk, kentang, gula, dan telur serta tepung. Campurkan secara merata dan uleni setengah kalis, tambahkan garam serta mentega. Uleni adonan sampai menjadi kalis serta mudah dibentuk dan tidak lengket di tangan.
  3. Pisahkan adonan di suhu ruang. Kemudian bulatkan adonan dan masukkan ke wadah yang ditutup plastik atau kain bersih. Biarkan adonan mengembang dua kali lipat di suhu ruang selama sekitar empat puluh menit.
  4. Adonan dikempeskan, kemudian potong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Adonan dibulatkan dan taruh adonan yang telah dibulatkan di atas kertas baking seven paper, jangan lupa taburi terigu diatasnya kertas baking.
  5. Taruh adonan ke wadah dan tutup dengan kain basah. Setelah itu, diamkan selama sekitar dua puluh menit. Sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama supaya donat tidak keriput ketika digoreng cukup dua puluh menit. Kemudian adonan dilubangi pada bagian tengah.
  6. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang. Masukkan donat yang telah dilobangu sesuai dengan urutan goreng hingga satu kali proses balik saja agar tidak banyak menyerap minyak. Angkat dan pisahkan.
  7. Tambahkan topping untuk menambah rasa dari donat sesuai dengan rasa yang disukai.
  8. Donat siap disajikan.
Baca lainnya  [QUIZ] Pilihan Mesin Grill Ini Bisa Menentukan Karaktermu Loh!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com