Yuk Cari Tahu Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental!

Puasa di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Menjalankan ibadah puasa ternyata tidak hanya bermanfaat pada kesehatan tubuh, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan psikologis seseorang. Pengaruh positif yang timbul ketika berpuasa juga telah banyak ditemukan para peneliti. Apa saja ya manfaat puasa bagi kesehatan mental? Yuk simak faktanya berikut ini!

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental

manfaat puasa bagi kesehatan mental via freepik ala tim duniamasak
Manfaat puasa via freepik

Selama berpuasa kitta tidak hanya menahan lapar dan haus saja, akan tetapi kita juga menahan hawa nafsu. Manfaat yang diperoleh saat berpuasa pun tidak hanya dirasakan oleh kesehatan tubuh, tetapi secara psikologis pun merasakan manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat-manfat puasa bagi kesehatan mental:

Menjaga mood tetap positif

Saat kita berpuasa, kita harus menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak bermanfaat atau negatif. Bulan Ramadan, bulan yang penuh kebaikan sehingga membawa aura yang sangat positif dalam diri kita untuk menjadi lebih baik lagi dan terus melakukan hal-hal yang positif.

Baca lainnya  4 Restoran di Puncak dengan Pemandangan Indah

Menumbuhkan rasa empati

Saat kita berpuasa, kita menahan lapar dan haus. Tentunya hal tersebut pun mengingatkan kita kepada orang-orang yang memiliki kesulitan dalam memperoleh makanan dan minuman. Rasa empati yang tumbuh, membuat kita lebih menghargai dan saling membantu satu sama lain.

Terhindar dari kebiasaan buruk

Dengan berpuasa kita menahan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin kita lakukan. Kebiasan tersebut seperti merokok, berbohong ataupun makan-makanan yang kurang sehat. Kebiasaan yang sudah kita hindari selama berpuasa dapat mempengaruhi psikologis kita lebih positif.

Melatih kecerdasan emosional

Manusia memiliki hormon yang dapat mempengaruhi reaksi emosional. Saat berpuasa, metabolisme hormon menjadi lebih cepat sehingga sulit mempengaruhi emosional seseorang.

Menurunkan kecemasan

Ketika kita berpuasa, otak biasanya memproduksi protein. Protein yang dihasilkan otak ini ternya mirip sekali dengan obat-obat anti-depressant yang dapat menurunkan tingkat kecemasan ataupun depresi.

Meningkatkan konsentrasi

Puasa ternyata dapat membantu dalam mengatur kadar glukosa. Sehingga ketika berpuasa kita lebih mudah fokus dan tetap konsentrasi dalam melakukan pekerjaan.

Baca lainnya  Rempah Unik Di Bali, Pernah Mencoba?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan