17 Agustus Selalu Ada Lomba Makan Kerupuk, Apa Sih Filosofinya?

Lomba makan kerupuk via genpi.co ala tim duniamasak

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal menghitung hari, sahabat Duma tentu tidak sabar ya. Pasalnya, masyarakat Indonesia sering mengadakan berbagai jenis perlombaan pada Hari Kemerdekaan. Salah satu jenis perlombaan yang selalu ada setiap tahunnya adalah lomba makan kerupuk. Perlombaan makan kerupuk itupun biasanya diikuti oleh berbagai jenis usia.

Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk jumbo via kabar17.com ala tim duniamasak
Lomba makan kerupuk jumbo via kabar17.com

Lomba makan kerupuk umumnya digantung dengan tali secara berbaris dengan tiang, galah atau bambu. Ada juga yang mengikat tali dengan kaki peserta lomba sehingga tingkat ketinggian kerupuk diatur sendiri dengan kaki peserta. Di berbagai daerah, lomba makan kerupuk memiliki banyak variasi, diantaranya menggunakan nasi sampai dengan menggunakan kerupuk yang berukuran besar.

Bila berbicara mengenai perlombaan makan kerupuk pasti terbesit dipikiran kita mengenai keseruannya. Namun, sebetulnya apa sih makna dari adanya perlombaan makan kerupuk tersebut? Kapan juga awal mula diadakan perlombaan makan kerupuk yang saat ini sudah melekat dan menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Baca lainnya  10 Makanan Anjuran untuk Wanita yang Harus Kita Ketahui

Dahulu pada masa penjajahan, untuk mendapatkan makanan yang enak tidaklah mudah. Menikmati makanan nasi dengan kerupuk sebagai lauknya, para pejuang kita sudah sangat beruntung dan bersyukur. Sehingga kerupuk dan nasi menjadi makanan favorit para pejuang kala itu. Oleh sebabnya, perlombaan makan kerupuk selalu diadakan pada perlombaan 17 Agustus-an untuk mengenang masa-masa tersebut. Lomba makan kerupuk bermakna semangat dan perjuangan yang tinggi, juga mengenang perjuangan para pahlawan-pahlawan. Jika kita sadari, sebetulnya saat lomba makan kerupuk terjadi, para peserta yang berlomba secara tidak langsung akan merasa bersyukur atas karunia yang diberikan oleh Tuhan karena dapat merasakan kemerdekaan.

Adanya perlombaan makan kerupuk juga dapat menjalin tali silaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan sesama bangsa Indonesia. Tak hanya itu, perlombaan yang diadakan juga dapat menghibur masyarakat Indonesia. Tujuan dari lomba makan kerupuk sebetulnya memiliki banyak makna terutama dalam mengenang perjuangan para pahlawan.

Baca lainnya  Pemerintah Adakan Trade Expo Indonesia 2019

Nah mulai dari sekarang yuk kita pupuk rasa cinta kita terhadap tanah air dengan tetap menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Tetap bersatu dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Selamat menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Merdeka!

Bagi sahabat Duma yangssedang mencari referensi peralatan masak yuk kunjungi website duniamasak.com! Oia sebelumnya simak dulu nih aneka makanan untuk menyambut hari kemerdekaan klik disini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!