Menariknya Filosofi Nasi Tumpeng Beserta Lauk Pauk Sebagai Pelengkap

Pada budaya Indonesia, nasi tumpeng selalu menjadi nasi paling istimewa. Mengapa? Alasan utama dari keistimewaan itu sendiri karena banyaknya acara syukuran seperti pembukaan bisnis atau ulang tahun, dan beberapa acara sakral lainnya yang menggunakan nasi tumpeng.

Nasi tumpeng sengaja dibentuk seperti kerucut, yang melambangkan seperti bentuk gunung yang digunakan sebagai tempat semayamnya dewa – dewi. Dalam kata lain bahwa gunung merupakan tempat yang suci.
Di sebuah nasi tumpeng itu sendiri, banyak lauk dan sayuran yang dijadikan patokan pakemnya. Pertama adalah nasi. Bentuk nasi memang sengaja dikerucutkan, hal ini diharapkan bahwa kehidupan kita semakin tinggi dan naik. Tapi tahukah kamu makna menu pelengkap dari tumpeng itu sendiri? Berikut adalah arti dari lauk – pauk dan sayuran yang sering disajikan pada tumpeng.

Filosofi Nasi Tumpeng

filosofi nasi tumpeng via bibliotika.com

Nasi Tumpeng via bibliotika.com

Ayam Utuh

Filosofi nasi tumpeng yang pertema dari ingkung ayam. Ingkung ayam merupakan simbol ketenangan hati karena lauk yang disajikan ini sering diartikan sebagai simbol penyembah Tuhan.

Baca lainnya  Pengalaman Bersantap Santai & Intim di Patio Venue & Dining, Jakarta

Ikan Teri

Olahan ikan teri dimaksudkan bahwa kerukunan dan kerja sama karena ikan teri merupakan makhluk yang lemah dan kecil.

Telur

Telur yang disajikan dengan utuh dan tanpa dikupas melambangkan bahwa kehidupan harus direncanakan karena untuk makan telur kulitnya harus dikupas terlebih dahulu seperti lapisan telur mulai dari kulit hingga kuning telur.

Sayur Kacang Panjang

Sayur ini memaknai bahwa manusia harus mempunyai visi misi jangka panjang.

Sayur Taoge

Pada taoge itu sendiri melambangkan kreativitas untuk selalu bisa berkembang setiap waktunya.

Cabe Merah Pada Pucuk Tumpeng

Bahkan cabe merah pada pucuk tumpeng yang selama ini kita lihat pun memiliki makna atau arti tersendiri, bukan hanya sekedar hiasan belaka melainkan memiliki arti bahwa cabe tersebut merupakan api sebagai sumber penerangan dan teladan.

Sayur Urap

Sayur urap yang juga menjadi pelengkap tumpeng memiliki makna bahwa semua orang harus mampu menafkahi keluarganya.

Semua sayuran dan lauk pauk itu pun dilengkapi oleh bawang merah goreng yang melambangkan bahwa sesuatu harus dipikirkan secara matang. Ternyata nasi tumpeng tidak hanya sekedar nasi untuk dimakan ya sahabat Duma, tetapi juga kaya dengan makna filosofinya.

Baca lainnya  Rangehood Fotile : Wujudkan Dapur Sehat, Bersih dan Nyaman Tanpa Asap Dapur
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan