Tips Menghilangkan Karat Pada Sendok

Tips Menghilangkan Karat Pada Sendok via freepik ala tim duniamasak.com

Berbicara soal kebersihan dapur, banyak sekali peralatan dapur yang wajib kita bersihkan secara rutin. Apalagi kita tahu, bahwa tidak semua perabotan dalam rumah selalu dalam kondisi yang baik. Terlebih jika peralatan dapur tersebut jarang sekali kita gunakan. Bahkan tak jarang kita menemukan peralatan dapur yang berkarat seperti sendok makan. Menggunakan sendok yang berkarat tak hanya mengganggu kesehatan namun juga dapat menimbulkan penyakit yang serius. Maka dari itu, sebelum digunakan kembali ada baiknya kita mengikuti tips menghilangkan karat pada sendok ala tim Duniamasak.com!

Tampak Baru, Tips Menghilangkan Karat Pada Sendok

Tips Menghilangkan Karat Pada Sendok via pexels ala tim duniamasak.com
Membersikan sendok via pexels

Selain disimpan terlalu lama, terkadang karat pada sendok juga muncul setelah kita gunakan. Pasalnya kita tidak langsung mencuci sendok tersebut, dan merendam sendok bersama dengan air dan peralatan dapur lainnya. Sehingga karat dapat muncul pada sendok tersebut, tak jarang setelah mencuci dan tidak mengelapnya dengan benar justru akan membuat karat juga mampir pada sendok. Jika sudah berkarat, kita harus cepat-cepat menghilangkan karat pada sendok dengan cara berikut ini:

Baca lainnya  Makna Sajian Nasi Tumpeng dalam Perayaan 17 Agustus

Rendam dalam perasan air jeruk nipis atau lemon

Penggunaan perasan air jeruk nipis dan lemon dalam membantu membersihkan peralatan dapur memang tidak perlu diragukan lagi ya sabat Duma. Kita dapat menaburkan garam terlebih dahulu pada sendok kemudian masukkan sendok kedalam wadah yang telah berisi air perasan jeruk nipis atau lemon. Rendam dan tunggu hingga karat pada sendok memudar, kemudian kita dapat menggunakan sabut kawat untuk membersihkannya.

Rendam dalam cuka

Kandungan asam yang sangat tinggi dalam cuka mampu membantu membuat sendok kilap kembali. Kita dapat merendam sendok dalam wadah yang telah berisi cuka dan tinggalkan sekitar semalam. Setelah itu kita dapat membersihkan sisa-sisa karat yang tersisa dengan sabun hingga bersih.

Rendam dengan minuman soda kola

Minuman soda memang sangat menyegarkan, selain itu ternyata juga dapat membersihkan karat. Tidak hanya karat pada peralatan rumah akan tetapi juga ampu membersihkan karat pada sendok. Jika sahabat Duma penasaran, coba saja renda sendok dalam gelas maupu mangkuk yang telah diisi dengan minuman soda kola. Tunggu hingga kurang lebih setengah jam dan lihat kembali karat pada sendok yang telah memudar. Kemudian kita dapat membersihkan sisanya dengan sabun cuci piring.

Baca lainnya  Makanan Manis Berbahan Kunyit, Enak dan Lezat!

Gunakan kentang

Kentang yang mengandung asam oksalat ternyata dapat membantu menghilangkan karat yang menumpuk. Terdapat dua cara dalam menghilangkan karat pada sendok. Pertama iris kentang menjadi dua bagian dan lapisi bagian dalam kentang dengan baking soda secukupnya. Setelah itu gosong bagian sendok yag berkarat dengan kentak yang telah dilapisi baking soda sampai karat pada sendok memudar. Kedua, tusuk sendok pada kentang dan diamkan hingga sehari semalam dan bersihkan dengan sabut kawat hingga bersih.

Gosok dengan pasta baking soda

Kita dapat memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan karat pada sendok. Caranya pun cukup mudah kita hanya perlu pencampurkan air dengan baking soda secukupnya sampai bentuknya menjadi seperti pasta. Kemudian lapisi sendok yang berkarat dengan pasta baking soda. Kemudian gosok dengan spons atau sabut kawat untuk membersihkan sendok tersebut.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!