3 Fakta Unik Wagyu, Daging Terlezat khas Jepang

Fakta unik wagyu via freepik ala tim duniamasak

Apakah kamu pecinta daging? Daging adalah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang. Daging tersusun sebagian besar dari jaringan otot, ditambah dengan lemak yang melekat padanya, urat, dan tulang rawan. Oleh karena bagian daging yang tersusun dengan begitu rupa, menjadikan daging ini sebagai makanan yang cukup diminati oleh banyak orang karena rasanya yang lezat terutama daging sapi. Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti rendang, bakso, dan salah satu yang populer adalah steak. Nah yang paling terkenal adalah steak wagyunya nih, kira-kira apa ya fakta unik wagyu yang belum kalian ketahui?

Steak Wagyu, Daging Sapi Premium Terlezat

Fakta unik wagyu via freepik ala tim duniamasak
Fakta unik wagyu via freepik

Melihat gambarnya saja sudah membuat lapar, apalagi jika bisa menyantapnya. Memang steak ini banyak digandrungi oleh para pecinta daging maupun orang biasa karena selain mengenyangkan, makanan ini juga enak dan praktis. Yang paling banyak disukai adalah steak wagyu. Steak ini dianggap sebagai daging sapi premium terenak di dunia. Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Jika belum, alangkah lebih baik kamu simak terlebih dahulu 3 fakta unik wagyu, daging terlezat khas Jepang ini.

Baca lainnya  Wanita Karir Tetap Bisa Mementingkan Memasak dengan Tips ini!

Arti Nama Wagyu

Fakta unik wagyu yang pertama adalah daging sapi yang berasal dari Jepang. Kata Wagyu berasal dari ‘Wa’ yang berarti negara Jepang dan ‘Gyu’ berarti sapi. Daging ini diberi nama sesuai wilayah produksinya di beberapa daerah Jepang seperti misalnya daging Kobe, Mishima, Matsusaka, ┼îmi, dan Sanda. Wagyu yang merupakan budidaya Jepang ini memakai jenis sapi dengan perawatan yang sangat baik dan diternakkan secara tradisional. Salah satu ciri dari daging sapi Wagyu yaitu mempunyai pola marmer pada dagingnya.

Dirawat Dengan Baik dan Sempurna

Jepang memang terkenal dengan kesopan-santunan masyarakatnya, tidak hanya terhadap sesama manusia namun juga kepada hewan. Jenis sapi hitam yang menghasilkan wagyu ini juga mendapat perlakuan yang sangat baik agar mendapatkan daging wagyu dengan kualitas sempurna. Hal ini ditunjukkan dari peternakan yang didesain khusus di daerah pegunungan yang sejuk dan jauh dari keramaian supaya sapi selalu merasa bahagia karena melihat pemandangan asri serta bebas dari stress. Suhu di dalam kandang juga diperhatikan dengan baik dan harus selalu terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu panas atau dingin yang terlalu ekstrim. Selain itu, sapi yang menghasilkan daging wagyu ini secara bergiliran akan dielus-elus, didengarkan musik klasik, bahkan diberikan pelayanan pijat dan relaksasi.

Baca lainnya  Yuk Siapkan Makanan Nusantara untuk Hari Kemerdekaan Berikut Ini

Kaya akan Nutrisi dan Kualitas Terbaik

Fakta unik wagyu via japanese-beef.com ala tim duniamasak
Pengukuran kualitas wagyu via japanese-beef.com

Oleh karena pemeliharaan yang baik, sapi ini menghasilkan daging wagyu yang lezat serta terkenal akan kulitas nomor satu. Daging wagyu memiliki kandungan asam lemak shomifuri yang kaya akan Omega-3 dan mengandung kolestrol baik serta bagus untuk jantung. Selain itu, daging Wagyu juga mengandung sekitar 30% lemak tak jenuh yang lebih tinggi dari daging sapi biasa. Tingginya konsentrasi lemak tak jenuh inilah yang memberikan rasa gurih dan enak pada daging wagyu. Untuk aspek kualitas, daging wagyu dibagi berdasarkan dua hal yaitu yield grade dan quality grade. Yield grade adalah rasio jumlah daging dibandingkan dengan berat keseluruhan hewan. Yield grade ditandai dengan huruf A-C yang artinya A adalah kualitas terbaik dengan rasio 72% ke atas. Sedangkan quality grade ditentukan oleh 4 kriteria yaitu pola marmer, warna daging, tekstur, dan warna lemak. Quality grade ditandai dengan angka 1 sampai 5 yang artinya 5 adalah kualitas terbaik. Jika kamu menemukan daging wagyu dengan kualitas A5, itu adalah daging dengan kualitas paling mantap!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!