7 Cara Haluskan, Potong, Cincang Bahan Makanan

Cara haluskan bahan makanan via freepik ala tim duniamasak.com

Terkadang saat memasak kita tidak hanya dibingungkan oleh bahan masakan yang tampilannya terlihat mirip. Namun juga ada istilah-istilah dalam memasak yang juga membingungkan kita. Salah satunya adalah cara haluskan bahan makanan yang memiliki kata-kata yang sama. Mulai dari cincang, potong hingga menghaluskan.

Cara Haluskan Bahan Makanan

Cara haluskan bahan makanan Via lifestyle.okezone.com ala tim duniamasak.com
Menghaluskan bahan makanan via lifestyle.okezone.com

Pastinya sahabat Duma pernah mengalami kesulitan untuk memahami istilah-istilah ini. Sekilas terlintas dipikiran kita untuk mencincang bahan masakan sesuai dengan ukuran kita, namun kenyataanya cincang pun memiliki banyak jenisnya. Berikut ini adalah cara menghaluskan bahan makanan yang wajib sahabat Duma pahami:

Cincang kecil

Biasanya cincang kecil diperuntukkan untuk bawang-bawangan. Cincang kecil sering juga disebut dengan small dice dengan ukuran sekedar 3 mm x 3 mm x 3 mm. Bahan-bahan tumisan juga biasanya memiliki potongan seukuran cincang kecil.

Cincang halus

Untuk sahabat Duma yang biasanya tidak memiliki mesin penggiling daging, biasanya akan mencincang halus daging secara manual dengan ukuran setengah kali lebih besar dari cincang kecil. Tidak hanya itu, bawang putih juga biasanya dihaluskan seukuran cincang halus agar aroma yang dihasilkan semakin kuat.

Baca lainnya  Kedai Kopi Nyantai: Bukan Sekadar Kopi, Siap Menemanimu Bersantai

Cincang sedang

Cincang sedang memiliki ukuran 6 mm x 6 mm x 6 mm. Jika dilihat memang ukurannya dua kali lipat ukuran cincang kecil. Cara memotongnya pun cukup mudah. Karena kita hanya perlu memotong bahan makanan berbentuk panjang seperti korek api. Kemudian kita memotongnya kembali hingga berbentuk dadu atau kubus. Tidak heran bila potongan jenis ini biasanya digunakan untuk memotong bahan makanan yang dijadikan side dish.

Cincang kasar

Cincang kasar biasanya memang tidak berbentuk. Cincang ini digunakan pada bahan yang memang tidak diperlukan tampilannya, namun rasa dari bahan tersebut sangat dibutuhkan pada masakan. Cincang kasar biasanya dilakukan pada bawang bombay maupun juga tomat.

Dadu besar

Masih dalam motong-memotong, kali ini adalah potongan dadu besar. Ukurannya sekitar 12 mm x 12 mm x 12 mm. Biasanya potongan ini juga disebut dengan large dish. Potongan jenis ini diperuntukkan untuk memotong sayuran maupun bahan masakan lainya.

Baca lainnya  Yuk Intip Aneka Hidangan Idul Adha 1439 H: Sediakan di Rumah ya!

Ulek

Cara haluskan bahan makanan yang satu ini adalah dengan cara di ulek atau crushed. Karena bahan makanan yang kita gunakan dihaluskan dengan cara digilas, maka sari-sari pada bahan makanan pun akan keluar. Tidak heran bila beberapa masakan Indonesia sering menggunakan ulekan untuk menghaluskan makanan, contohnya seperti sambal.

Parut

Seperti yang kita ketahui cara untuk haluskan bahan makanan juga dapat dilakukan dengan parutan. Salah satunya adalah kelapa maupun keju yang membutuhkan parutan. Ukuran hasil parutan pun berbeda-beda tergantung jenis parutan yang digunakan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!