8 Aneka Jenis Mie Enak yang Populer

Jenis Mie Enak via Freepik ala tim duniamasak

Mie adalah santapan yang mudah kita temukan. Masakan dengan bahan utama mie pun banyak dijual oleh pedagang dan diolah menjadi makanan yang enak dan lezat. Mie juga sangat mudah diolah dengan berbagai jenis makanan. Berikut ini adalah 8 aneka jenis mie enak yang populer yang wajib sahabat duma ketahui.

Jenis Mie Enak

Jenis Mie Enak via Freepik ala tim duniamasak
Mie telur via freepik

Mie memiliki berbagai aneka jenis dan biasanya setiap daerah maupun negara memiliki olahan mie dengan nama dan bahan yang berbeda-beda. Kali ini tim Duniamasak ingin memberitahukan aneka jenis mie enak yang sayang jika kalian lewatkan, yuk disimak!

Bihun / Rice Vermicelli

Jenis Mie Enak Bihun via freepik ala tim duniamasak
Bihun via freepik

Mie Bihun berasal dari olahan tepung beras karena itulah teksturnya lembut dan bewarna putih bersih dan disebut juga rice vermicelli. Mi Bihun ini biasanya sebagai pelengkap soup ataupun diolah menjadi bihun goreng. Cara mengolah mie bihun pun dapat dikategorikan mudah, pasalnya bihun tersebut cukup direndam air panas dan ditambahkan bumbu sesuai dengan masakan yang diolah.

Baca lainnya  Fakta Mie Instan yang Bikin Kamu Gak Ragu Untuk Makan Lagi

Soun / Cellophane Noodles

Jenis Mie Enak Soun via freepik ala tim duniamasak
Soun via freepik

Soun atau yang biasa disebut dengan cellophane noodles adalah mie yang terbuat dari pati kacang hijau. Namun seiring berkembangnya soun, ada juga mie soun yang terbuat dari umbi-umbian seperti ubi, singkong, dan kentang. Banyak yang bingung membedakan soun dan bihun, cara mudahnya sahabat Duma dapat melihat dari tekstur soun yang lebih tebal dan terlihat bening serta lebih licin setelah diolah.

Mie Shoa / Misoa

Misoa via freepik ala tim duniamasak
Misoa via freepik

Serupa namun tidak sama, itulah ungkapan yang pas untuk bihun, soun, dan misoa. Sebetulnya untuk membedakannya sahabat Duma dapat melihat dari bahan utama pembuatan mie tersebut. Misoa sendiri terbuat dari bahan tepung terigu, dan umumnya disajikan untuk anaka-anak dan orang tua lanjut usia karena teksturnya yang lembut.

Kulit Pangsit / Wonton

Kulit Pangsit via freepik ala tim duniamasak
Kulit Pangsit via freepik

Kulit pangsit ini sering kita temukan dalam kemasan plastik dan dijual dalam bentuk basah. Bentuknya yang persegi empat dapat diolah beragam isi dan dapat digoreng dan dikukus.

Baca lainnya  4 Bubur Buah yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Mie Telur

Mie Telur via freepik ala tim duniamasak
Mie Telur via freepik

Mie Telur terbuat dari olahan telur dengan tepung terigu. Bentuknya pun mudah dikenali karena umumnya mie telur berbentuk keriting. Mie telur ini pun memiliki tekstur yang lembut ketika sudah direbus. Mie telur sendiri dapat kita buat sendiri karena bahan-bahannya mudah ditemukan.

Mie Hongkong / Hokkien Noodles

Mie Hongkong via freepik ala tim duniamasak
Mie Hongkong via freepik

Mie Hongkong yang satu ini berbentuk lurus dan berbentuk tipis. Umumnya mie Hongkong sangat cocok untuk disantap sarapan pagi.

Ramen

Mie Ramen via freepik ala tim duniamasak
Mie Ramen via freepik

Mie ramen adalah hidangan khas yang masyarakat Jepang. Saat ini mie ramen sangat populer di Indonesia. Sebetulnya mie ramen sendiri berasal dari negara China dan menjadi salah satu makanan pokok kedua di Jepang. Mie ramen sendiri memiliki bentuk yang tipis dan bewarna kuning mirip dengan mie telur atau mie instan, hanya saja mie ramen lebih kecil.

Kwetiau / Rice Stick Noodles

Mie Kwetiau via freepik ala tim duniamasak
Kwetiau via freepik ala tim duniamasak

Kwetiau adalah mie yang berasal dari China yang bahan-bahan pembuatannya berasal dari beras. Bentuknya lebih lebar dari mie kebanyakan dan rasanya kenyal. Karena kwetiau cukup terkenal di Indonesia, tak jarang kita temu beberapa pedagang yang menjual mie kwetiau terutama di pedagang nasi goreng.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!