Tips Agar Pisau Dapur Tidak Sering Tumpul Lagi!

Menggunakan Pisau Dapur via cooking.nytimes.com

Alat masak yang satu ini pasti selalu ada di dapur ya sahabat duma! Pisau dapur memegang peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan memasak. Pisau yang tajam jelas sangat dibutuhkan agar proses memotong, mencincang, dan mengiris bahan makanan mudah dilakukan. Hanya terkadang kendalanya adalah semakin sering digunakan, pisau dapurmu bisa semakin tumpul lho! Nah Agar pisau dapur selalu tajam, ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan nih!

Nggak Perlu Khawatir Pisau Dapur Tumpul Lagi

Keringkan Pisau Setelah Digunakan/Dicuci

Pisau yang sudah selesai digunakan sebaiknya segera dicuci lalu dikeringkan. Jangan sampai pisau yang masih kotor disimpan atau dibiarkan begitu saja setelah digunakan. Sebab sisa-sisa makanan yang menempel di pisau nantinya bisa membuat pisau dapur jadi berkarat dan cepat tumpul.

Baca lainnya  5 Tips Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing

Bedakan Fungsi Pisau dan Gunakan Sesuai Fungsinya

Oiya, kamu juga harus memiliki lebih dari satu pisau ya! Sebaiknya penggunaan pisau untuk daging, sayur dan bahan makanan lain dibedakan. Apa tujuannya? Tak lain untuk memudahkan penggunaan pisau itu sendiri. Pisau untuk memotong bahan-bahan makanan yang lunak seperti sayur akan cenderung lebih awet. Pisau yang digunakan untuk bahan yang lebih keras biasanya lebih cepat tumpul. Sehingga nantinya bisa lebih mudah mengondisikan pisau mana yang perlu diasah lebih dahulu.

Pisau Dapur Zebra via duniamasak

Pisau Dapur Zebra via duniamasak

Rutin Bersihkan Pisau dengan Air Perasan Jeruk Lemon

Salah satu cara agar pisau tidak gampang berkarat adalah menggunakan air perasan jeruk lemon. Caranya mudah banget lho! Kamu hanya perlu mencuci pisau terlebih dahulu dengan menggunakan air panas kemudian gosok dengan spons yang sudah direndam air perasan jeruk sebelumnya. Kemudian bilas dan keringkan. Cara ini juga sangat berpengaruh untuk melunturkan kuman-kuman dari sisa-sisa bahan makanan yang kamu potong. Setelah dibersihkan jangan langsung disimpan dalam keadaan basah ya sahabat duma! Sebaiknya tunggu hingga kering, lalu simpan di tempat pisaumu.

Baca lainnya  Merawat Blender Biar Awet? Begini Caranya!

Gunakan Alas Potong yang Permukaannya Datar

Gunakan alas potong yang datar agar pisau juga bisa lebih awet. Karena jika kamu memotong bahan di alas yang tak datar, pisau nantinya akan cepat tumpul. Usahakan kamu memiliki alas potong dengan kualitas terbaik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!