Pentingnya Berkumur dengan Air Garam: Hemat dan Kaya Manfaat!

Sahabat duma, apakah kamu pernah berkumur dengan air garam? Terasa sangat asin memang, namun tahukah kamu bahan dapur yang satu ini mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Apa aja sih manfaatnya? tim DuniaMasak jelaskan di bawah ini ya!

Berkumur dengan Air Garam yuk!

Air garam via lifestyle.kompas.com

Air garam via lifestyle.kompas.com

Air garam ternyata memang telah digunakan oleh beberapa budaya dari generasi ke generasi yang tak terhitung jumlahnya untuk membersihkan luka dan sekaligus membilas mulut lho! Kebersihan mulut yang baik dalam keseharian sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Banyak jenis bakteri hidup di mulut dan menyebabkan gigi berlubang, radang gusi, dan penyakit periodontal ketika ada pertumbuhan bakteri berlebih.

Ternyata Air Garam Efektif Bersihkan Mulut

Banyak referensi untuk membilas dan membersihkan mulut dengan menggunakan obat kumur. Namun sebenarnya larutan asin ini efektif untuk membersihkan mulut lho! Bahkan dokter gigi sering merekomendasikan berkumur dengan air garam untuk meringankan rasa sakit dan bengkak setelah pencabutan gigi.

Yuk Berkumur Secara Teratur!

Beberapa dokter gigi percaya bahwa air asin baik untuk mengurangi peradangan setelah pencabutan gigi dan luka pada mulut, namun juga dapat merusak enamel gigi jika digunakan dalam waktu yang lama. Air garam adalah basa alami yang dapat merusak gigi. Sebaliknya, berkumur dengan air asin juga dapat menutupi bau mulut yang bisa disebabkan oleh sejumlah masalah lain yang tidak terdiagnosis.

Baca lainnya  [QUIZ] Bisakah Kamu Menebak Gambar Seledri di Antara Daun Ketumbar?

Manfaat Air Garam

Air garam bersifat isotonik dan tidak mengiritasi selaput lendir, dan itulah mengapa banyak dokter gigi menggunakan air asin hangat setelah melakukan prosedur gigi.

Lebih lengkapnya, air garam memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Lebih murah dibandingkan obat kumur di pasaran.
  • Lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan kimia yang terkandung dalam obat kumur di pasaran.
  • Mudah digunakan karena garam banyak tersedia dan juga campuran dapat dibuat di mana saja.
  • Bebas alkohol sehingga tidak akan menyebabkan sensasi terbakar bagi yang sensitif terhadap obat kumur.
  • Tidak akan menyebabkan alergi.
  • Tidak mengiritasi jaringan mulut sensitif.
  • Bertindak sebagai antibakteri, karena membunuh bakteri dengan meningkatkan pH mulut ke lingkungan yang tidak cocok untuk pertumbuhan bakteri.

Berkumur air garam juga dapat bermanfaat pada kondisi mulut berikut:

    • Napas bau (halitosis). Sementara kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebabnya, namun mencuci mulut Anda selama beberapa kali tidak akan menghilangkan halitosis. Berkumur dengan air asin dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan infeksi yang sering menyebabkan bau mulut.
    • Penyakit gusi (gingivitis). Ini ditandai dengan gusi meradang dan berdarah disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebih di dalam mulut.
    • Sakit gigi. Ini biasanya ditandai dengan gigi berlubang yang disebabkan oleh bakteri.
    • Peradangan. Penyembuhan jaringan oral setelah pengobatan ekstraksi gigi atau infeksi garam berhasil mengurangi peradangan karena dapat membuat jaringan bengkak menyusut. Hal ini juga dapat mencegah infeksi dari setiap jaringan yang terpapar.
    • Sakit tenggorokan. Air asin dapat membunuh bakteri dan menenangkan jaringan tenggorokan yang meradang.
Baca lainnya  5 Makanan Asli Jambi yang Harus Kamu Cicipi: Dijamin Suka!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan