Hindari Makanan Berikut ini, Sumber Bau Badan!

Makanan Sumber Bau Badan bersama DuniaMasak via saludmovil.com

Sahabat duma, benar adanya bahwa bau badan dan bau mulut adalah permasalahan yang seringkali mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Banyak hal yang mempengaruhi timbulnya bau badan seperti diet, jenis kelamin, pekerjaan, suasana hati, genetika dan obat-obatan. Deodoran mungkin cukup efektif menutupi bau, tetapi sebagian pakar berpendapat penggunaan deodoran terlalu sering bisa berpengaruh buruk lho! Kamu harus tahu dulu penyebab dari bau itu sendiri, ternyata dari faktor makanan. Nih simak penjelasan lengkapnya dari tim DuniaMasak!

Hindari Bau Badan, Hindari Hal Ini

Bau badan via www.vemale.com

Bau badan via www.vemale.com

Perubahan pola diet sepertinya bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk mengurangi bau badan yang buruk. Berikut ini adalah makanan yang harus kamu batasi untuk mencegah bau badan dan bau mulut:

1. Rempah-rempah

Rempah-rempah dengan aroma yang kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau pada badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.

Baca lainnya  Wow! Ternyata Berikut Manfaat Buah Ceri yang Jarang Diketahui

2. Daging Merah

Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat. Sebuah studiΒ  penelitian menyatakan bahwa wanita menilai pria yang tidak mengkonsumsi daging lebih menyenangkan, lebih menarik, dan sedikit mengalami bau pada badan daripada pria yang makan daging.

3. Alkohol & Kafein

Meskipun mengkonsumsi alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda, dll) telah menjadi kebiasaan, dan bahkan menjadi gaya hidup. Padahal dengan membatasi minuman tersebut, badanmu akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

4. Makanan Olahan & Junk Food

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam/gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan tentunya juga bau badan.

Baca lainnya  Asian Games Sebentar Lagi, Para Atlet: Berikut Makanan Wajib Sebelum Bertanding!

5. Produk Susu

Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perutmu yang akan menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan sebagai pemicu bau busuk.

6. Gorengan

Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

7. Tembakau

Asap rokok yang bercampur dengan unsur-unsur lain dan keluar melalui kelenjar keringat akan menimbulkan bau tak sedap yang khas. Bahkan setelah berhenti merokok, bau ini akan tetap tinggal di badanmu dalam waktu berminggu-minggu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!