Berbagai Macam Peralatan Dapur Restoran Yang Wajib Diketahui

Peralatan Dapur Restoran via freepik ala tim duniamasak

Rumah makan atau biasa disebut restoran adalah usaha penyediaan jasa makanan dan minuman yang dilengkapi dengan peralatan serta perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan, dan juga penyajian. Beraneka ragam restoran sudah terpampang di banyak jalanan di setiap sudut kota. Mulai dari yang menyajikan masakan nusantara dari Indonesia maupun Western seperti makanan Italia atau Amerika dan tentunya dengan beragam harga yang ditawarkan. Dibalik makanan yang enak dan lezat tersebut, pasti ada peralatan dapur restoran yang berkualitas agar menopang kinerja para koki.

Beragam Peralatan Dapur Restoran

Peralatan Dapur Restoran via freepik ala tim duniamasak
Peralatan makan restoran via freepik

Sama halnya seperti peralatan dapur rumahan, dasar dari peralatan dapur restoran juga memiliki banyak macam dan fungsi. Macam dan fungsi peralatan dapur restoran menjadi salah satu penunjang aktivitas dan produktivitas restoran ini. Dalam memilih peralatan dapur untuk restoran yang paling penting adalah bahan dan material alat tersebut. Peralatan dapur restoran dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu peralatan masak dan peralatan makan. Tentu dua hal tersebut akan berbeda dalam cara pemakaian dan fungsinya. Mari simak berbagai macam peralatan dapur restoran yang wajib diketahui agar dapat menunjang usaha:

Baca lainnya  THE QUATTRO OF MICE DISCOVERY Indonesia: Asia’s Next Top Destination

Peralatan masak

Peralatan masak adalah segala jenis peralatan yang dipakai di dalam dapur yang digunakan untuk kegiatan memasak. Peralatan ini berupa peralatan-peralatan besar yang susah untuk dipindahkan ataupun peralatan kecil yang digunakan untuk mengolah makanan. Peralatan masak ini juga memiliki fungsi-fungsi penting dari sebuah dapur restoran. Mulai dari alat pengolahan bahan makanan, penyimpanan, hingga alat untuk mencuci bahan masakan atau peralatan masak dan peralatan makan. Berikut ini peralatan masak yang wajib diketahui dan dimiliki dapur restoran:

  • Oven: untuk memanggang makanan.
  • Wajan: untuk wadah menggoreng dan menumis makanan.
  • Panci: untuk merebus makanan.
  • Deep Fryer: untuk menggoreng makanan dengan minyak yang banyak.
  • Meat Grinder: untuk menggiling daging.
  • Chiller dan Freezer: untuk menyimpan bahan makanan.
  • Mixer: untuk mengaduk adonan.
  • Loyang: untuk wadah kue.
  • Working table : untuk tempat kerja koki.
  • Bain Marie: untuk menyimpan makanan supaya tetap hangat.
  • Rice Cooker: untuk memasak nasi.
  • Sink: untuk bak mencuci peralatan dan bahan makanan.
  • Perlengkapan masak: pisau, talenan, spatula, baskom, sendok sayur, gelas ukur, dan penjepit makanan.

Peralatan makan dan minum

Peralatan makan dan minum adalah segala jenis peralatan yang dipakai di dalam maupun luar dapur yang digunakan untuk kegiatan makan dan minum. Jenis-jenis peralatan makan dan minum biasanya lebih banyak variasi. Umumnya, peralatan makan dan minum terdiri dari tiga kategori yaitu chinaware, silverware, dan glassware. Chinaware adalah peralatan makan dan minum yang bahan dasarnya terbuat dari keramik. Bahan keramik ini dipilih banyak pengusaha restoran karena memiliki ketahanan yang tinggi. Peralatan yang berbahan dasar keramik juga mempunyai dinding yang tebal serta permukannya sedikit kasar. Berikut ini peralatan makan dan minum chinaware yaitu: piring, mangkuk, cangkir, poci, dan asbak.

Baca lainnya  Yuk Berburu Takjil ini Sebelum Berbuka, Khusus Daerah Jakarta Aja Ya!

Silverware adalah peralatan makan yang terbuat dari logam perak dan umumnya dilapisi dengan stainless steel. Sebenarnya, peralatan makan dan minum silverware sama dengan chinaware, namun hanya berbeda pada bahan dasarnya. Silverware meliputi dua jenis peralatan makan yaitu holloware dan flatware. Berikut ini peralatan silverware jenis holloware antara lain piring, pitcher, dan mangkuk. Untuk jenis flatware terdiri dari sendok, garpu, dan pisau makan.

Glassware adalah peralatan minum berupa gelas dengan bahan dasar kaca. Glassware terdiri dari berbagai macam jenis dan fungsi sesuai kegunaan minuman. Berikut ini kelompok peralatan glassware yang digunakan pada restoran antara lain stemmuglass (gelas dengan tangkai) dan unstemmuglass (gelas tanpa tangkai).

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!