Bingung Bagaimana Memilih Pisau yang Bagus? Simak Tips Berikut ya!

Memilih Pisau Berkualitas via DuniaMasak.com
Share artikel ini:

Pisau menjadi salah satu peralatan dapur yang wajib ada di dapurmu. Setiap orang yang ingin memasak tentu memerlukan pisau. Namun, para Bunda sering mengeluhkan pisaunya yang mudah berkarat dan tidak tajam lagi. Hal tersebut sangat menjengkelkan ya sahabat Duma! Agar terhindar dari hal tersebut, kamu sebaiknya simak beberapa tips dari DuniaMasak berikut sebelum memilih pisau.

Tips Memilih Pisau yang Tepat

Perhatikan Bahan Pisau

Pisau Set Oxone via DuniaMasak.com

Pisau Set Oxone via DuniaMasak.com

Pilihlah bahan pisau dari stainless steel. Pisau dengan bahan stainless steel tidak mudah berkarat dan mudah proses membersihkannya. Cukup dengan peralatan mencucimu pisau stainles steel akan tampak seperti baru kembali.

Perhatikan Peganggan Pisau

Pegangan pisau yang nyaman via DuniaMasak.com

Pegangan pisau yang nyaman via DuniaMasak.com

Pilihlah pegangan pisau yang ringan agar nyaman untuk kamu pakai. Kamu sebaiknya menghindari pegangan dari bahan kayu. Sebab bahan kayu ini akan mudah lepas dari mata pisau. Kamu sebaiknya memilih pegangan pisau dari bahan tekstur yang tidak licin. Hal ini bertujuan agar untuk menghindari pisau lepas ketika tanganmu basah.

Baca lainnya  Tips Membuat Nasi Kuning Serta Resep Praktis Membuatnya!

Perhatikan Kelurusan Pisau

Pisau daging Arcos via DuniaMasak.com

Pisau daging Arcos via DuniaMasak.com

Setelah membeli pisau, kamu harus teliti lurus tidaknya bilah pisau. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi hasil potongan bahan masakanmu sahabat Duma! Pisau yang bagus hasil potongannya lurus sesuai arah tekanan. Kamu bisa mengecek pisaumu dengan cara melihat pisau dengan posisi ujungnya lurus ke depan, intip tepat dari belakang gagang pisau. Jika ujung pisau tidak terlihat maka pisaumu sudah benar-benar lurus. Namun jika ujungnya atau bahkan badan pisau terlihat, hasil potongannya akan miring.

Perhatikan Ujung Pisau

Pisau Set Tanica Stainless Steel Via DuniaMasak

Pilih yang model ujungnya runcing & mata pisaunya sedikit melekuk keatas. Pisau model ini sangat cocok dipakai untuk mengiris sayuran atau bawang. Mata pisau diayunkan naik turun bertumpu pada lekukan. Kamu juga bisa mengiris menggunakan ujung pisau sambil ditekan di talenan & digeser kebelakang, hasilnya lebih cepat & rapi dengan ketebalan yang nyaris seragam. Selain itu kamu harus memilih pisau yang cukup lebar & tebal, karena bisa digunakan untuk memipihkan bawang.

Baca lainnya  5 Restoran Pinggir Pantai Jakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi Weekend ini!

Setelah menerapkan beberapa tips sebelum membeli pisau, kamu sebaiknya menjaga pisau agar tetap tahan lama. Agar pisau tetap tajam dan tahan lama, gunakan bagian tengah dan langsung lap kering setiap terkena noda basah. Pilihan pisau terbaik dari berbagai merek dengan harga penawaran terendah, cek di sini ya!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!