Ingin Membuka Bisnis Bakery? Gunakanlah Peralatan Masak Berikut Ini!

Bisnis bakery via freepik.com ala tim duniamasak

Bisnis Bakery adalah salah satu lahan usaha menjanjikan yang mulai berkembang belakangan ini. Sering kali kita temui, toko-toko roti yang baru dibuka dan menjamur di pusat bahkan pinggiran kota. Apa yang terpikir di kepala kita ketika kita hendak memulai bisnis ini? Selain resep Andalan yang harus kita kuasai, tentu saja perlengkapan memasak sebagai kendaraan utama. Bisnis bakery bukanlah merupakan bisnis musiman, bisnis ini dapat dicadangkan sebagai bisnis Andalan sepanjang tahun. Untuk itu, kita harus tepat memilih peralatan memasak yang akan kita pergunakan. Gunakanlah peralatan masak berikut untuk kamu pebisnis bakery.

Memilih Peralatan Masak yang Tepat Guna untuk Bisnis Bakery

Bisnis bakery via freepik.com ala tim duniamasak
Oven via freepik.com

Seperti yang disebutkan di atas, peralatan masak adalah kendaraan utama dalam bisnis bakery. kita tidak boleh sembarangan dalam memilih peralatan memasak kita. Ada beberapa peralatan masak primer yakni yang harus kita miliki dan peralatan sekunder yakni yang masih bisa kita substitusi dengan alat lainnya yang sudah kita miliki. Di bawah ini akan diberikan beberapa contoh peralatan masak untuk bisnis bakery kita.

Mixer

Mixer adalah alat mekanis yang digunakan untuk mencampur adonan. Alat ini wajib dimiliki oleh pemilik usaha bakery. Mixer ini menjamin campuran adonan tepung kita menjadi rata. Sebenarnya ada alat pengaduk adonan manual yang bisa dipergunakan, akan tetapi karena alat ini manual, penggunaannya akan memakan waktu yang cukup lama, mengingat kita membutuhkan campuran yang rata dan menyeluruh.

Baca lainnya  8 Alat Baking untuk Pemula yang Wajib Kamu Punya!

Oven Roti

Alat ini digunakan untuk memanggang adonan roti agar dapat mengembang menjadi roti. Ada dua jenis oven roti, yakni oven manual dan oven listrik. Oven manual biasanya menggunakan kompor atau bara arang kayu sebagai media pemanas, sedangkan oven listrik menggunakan tenaga listrik untuk mendapatkan panas. Semuanya tergantung pilihan kita, menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Microwave

Microwave pada dasarnya juga adalah alat untuk memanggang, hanya saja proses pemanasannya yang berbeda. Kalau oven roti, menggunakan energi panas dengan menguncinya di dalam kotak oven, sedangkan microwave menggunakan gelombang mikro untuk menghasilkan panas. Karena menggunakan gelombang mikro yang menstimulasi gerakan molekul makanan di dalam microwave, proses pematangan menjadi lebih merata hingga ke dalam bahan makanan. Oleh karena itu, biasanya orang-orang menggunakan microwave untuk bahan roti yang tebal.

Kompor Gas

Peralatan yang satu ini sudah menjadi peralatan yang pasti dimiliki di dalam rumah. Kompor menjadi salah satu peralatan yang wajib ada. Berfungsi untuk merebus, memasak, bahkan memanggang. Sebaiknya pilihlah kompor dengan bahan yang berkualitas baik agar lebih bisa tahan lama.

Baca lainnya  Kesalahan dalam Mengukus Kue yang Harus Kamu Hindari

Peralatan lain-lain

Di samping ke empat peralatan di atas, ada banyak sekali peralatan lainnya yang harus kita miliki yaitu panci, loyang, frypan, cetakan roti, teflon, blender, cake showcase dan lain sebagainya. Perhatikan pula dalam setiap pemilihan barangnya. Usahakan memilih peralatan dari bahan yang baik seperti plastik yang bisa dipergunakan berulang kali, panci dari stainless steel dan pinggan tahan panas berbahan kaca.

Roti telah menjadi kegemaran banyak kalangan, baik itu anak-anak, orang tua, anak muda, laki-laki maupun perempuan. Saat ini, banyak pebisnis bakery yang sudah pandai berinovasi dan berimprovisasi. Roti sudah tidak hanya berbentuk kotak ataupun bundar. Mereka membuat beraneka ragam roti dengan bentuk, rasa, isian bahkan topping yang bermacam-macam. Sangatlah menjanjikan jika kita mulai mencoba bisnis bakery ini. Demikianlah pengenalan peralatan masak yang harus kita miliki dan pergunakan dalam bisnis bakery. Selamat mencoba.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!