Buah atau Sayur: Makanan yang Sering Salah Sebut!

Buah atau Sayur: Makanan yang Sering via freepik ala tim duniamasak

Seringkali kita berdebat dalam penggolongan makanan kedalam jenis buah atau sayuran. Ada yang berpendapat bahwa makanan akan disebut sayuran dan buah disesuaikan dengan bagaimana cara mengolahnya. Namun pendapat itu terkadang berbeda dengan ilmu botani, makanan yang memiliki asal usul dari akar, daun dan batang maka disebut dengan sayuran. Lain halnya dengan makanan yang berasal dari benih buah, maka disebut dengan buah. Masih kebingungan? Berikut ini adalah buah atau sayur: makanan yang sering salah sebut.

Buah atau Sayur?

Buah atau Sayur: Makanan yang Sering via freepik ala tim duniamasak
Buah dan sayuran via freepik

Bagi kalian yang butuh jawaban karena dilanda kebingungan dalam menggolongkan makanan antara buah dan sayur. Kalian wajib banget baca artikel ini, karena banyak dari kita yang sering salah dalam menyebutnya loh. Yuk simak makanan apa saja yang tergolong buah atau sayuran.

Jagung

Jagung biasanya diolah menjadi bahan masakan, tak jarang sebagian dari kita selalu mengira bahwa jagung masuk dalam kategori sayuran. Tapi, tahukah kamu bahwa dalam ilmu botani, jagung masuk kedalam kategori buah-buahan? Gimana sudah tidak bingung kan?

Kacang Polong

Buah atau sayur: makanan yang sering salah sebut lainnya adalah kacang polong. Kacang polong masuk kedalam golongan buah karena berasal dari benih.

Baca lainnya  Penghisap Asap Modena: Pilihan Tepat untuk Kebutuhan Dapur Masa Kini

Bengkoang

Siapa yang tidak kenal bengkoang? Makanan ini sangat terkenal dan bagus dalam merawat kesehatan kulit. Menurut ilmu botani, bengkoang masuk kedalam kategori umbi-umbian yang berarti bahwa bengkoang itu adalah sayur.

Tomat

Sering menjadi perbincangan banyak orang karena tomat sering dikategorikan sebagai sayuran. Padahal tomaat termasuk kedalam jenis buah-buahan, karena tomat berasal dari benih tanaman yang berbunga.

Terong

Sahabat duma bisa menebak tidak, terong itu sayur atau buah? Walaupun biasanya kita sering  mengolah terong sebagai lauk-pauk, tidak bisa dipungkiri bahwa terong adalah buah.

Kentang

Makanan yang satu ini sangat banyak penggemarnya, apalagi jika sudah diolah menjadi kentang goreng dan ditambah saus, hhhm yummy. Kentang adalah makanan yang masuk kedalam kategori sayuran, karena kentang berasal dari akar dan batang yang struktural.

Buncis

Warnanya yang hijau sekilas membuat kita semakin yakin bahwa buncis adalah golongan dari sayur-mayur. Namun kenyataannya, buncis termasuk kategori buah loh karena buncis termasuk biji-bijian.

Baca lainnya  Rayakan Microwave Oven Day Dengan Rosemary-Garlic Roast Turkey¬†

Wortel

Jika kalian sudah paham bahwa apapun yang berasal dari akar, batang daun adalah sayuran. Maka kalian tidak akan bingung lagi menentukan kategori pada wortel ini. Sudah dapat dipastikan wortel masuk kedalam kategori sayuran ya sahabat duma!

Labu

Labu tanaman yang merambat ini terkenal karena  memiliki antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin. Labu masuk dalam kategori buah ya, jangan sampai salah sebut!

Paprika

Tumbuhan yang masih satu keluarga dengan cabai ini sangat baik untuk kesehatan. Paprika tumbuh dari biji-bijian, oleh sebab itu paprika masuk dalam kategori buah.

Timun

Biasanya timun sering disandingkan dengan sayur-mayur sebagai lalapan, tak jarang dari kita pun beranggapan bahwa timun adalah sayur. Faktanya timun masuk kedalam kategori buah loh sahabat duma!

Oiya sebutan ini berasal dari sudut pandang ilmu botani ya, ada juga ilmu kuliner yang percaya bahwa makanan yang diolah sebagai penutup, kue, cemilan dan memiliki rasa yang manis maka dikategorikan dalam buah-buahan. Sedangkan makanan yang memiliki rasa yang gurih dan agak manis maka dimasukkan pada kategori sayuran. Kamu pilih yang mana nih sahabat duma? Ilmu botani atau ilmu kuliner?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!