Cara Budidaya Buah Kecapi yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Buah Kecapi yang Baik dan Benar via freepik ala tim duniamasak

Kecapi termasuk buah langka dan sulit kita temukan didaerah perkotaan lebih tepatnya. Buah kecapi atau buah dengan nama lain Sentul ini memiliki rasa yang manis dan enak. Jika kalian sudah berhasil menemukan pedagang buah yang menjual buah kecapi, ada baiknya kalian membelinya. Karena buah kecapi memiliki banyak manfaat yang tidak pernah terpikirikan oleh kita sebelumnya. Bila kalian masih kesulitan dalam menemukan buah ini, tidak ada salahnya kalian mencoba cara budidaya buah kecapi yang baik dan benar. Sehingga saat kalian ingin menikmati buah ini, kalian cukup memetik buah kecapi dipekarangan rumah atau kalian dapat menjualnya.

Pohon Kecapi, Mudah Ditanam Dimana Saja

Cara Budidaya Buah Kecapi yang Baik dan Benar via freepik ala tim duniamasak
Buah kecapi via freepik

Pohon kecapi umunya dapat tumbuh dimana saja asalkan ketinggian dataran tidak melebihi 1.000 mdpl. Apalagi jika tanah yang akan dibudidayakan memiliki tekstur seperti tanah liat serta subur sudah dapat dipastikan pohon kecapi akan tumbuh dengan baik. Berikut ini adalah cara budidaya buah kecapi yang baik dan benar.

Baca lainnya  DuniaMasak Hadir di Event Lotte Grosir Pasar Rebo

Budidaya Kecapi

Kecapi dapat ditanam dengan benih, namun jika sahabat duma telah memiliki pohon kecapi sebelumnya, maka cukup dengan penyambungan lengkung atau pencangkokan. Hal tersebut memudahkan kita untuk memperbanyak pohon kecapi yang akan dibudidayakan.  Untuk penanaman yang di mulai dari benih, biasanya benih disebar dan diberi jarak 5 cm antar benih. Jika benih sudah mulai menampakkan daun pertamanya, maka setiap anak pohon di pindahkan dari wadah tersebut.

Merawat Pohon Kecapi

Pemupukan pada sekeliling tanaman kecapi diperlukan pada masa 2-3 tahun pertama. Selain itu pemberian mulsa pun penting mengelilingi batang pohon kecapi. Untuk pohon yang masih muda membutuhkan pupuk sekitar 200-500 gram dua kali dalam setahun. Sedangkan untuk pohon-pohon kecapi yang sudah tumbuh dewasa, membutuhkan pupuk sekitar 2 kilogram. Agar buah terhindar dari lalat, buah kecapi yang telah muncul sebaiknya dibungkus.

Baca lainnya  5 Pilihan Kado Natal untuk Kamu Versi Tim Duniamasak

Hama di Pohon Kecapi

Dalam menanam sebuah pohon, pasti ada saja hama ataupun penyakit yang mengganggu pertumbuhan sebuah pohon. Salah satunya adalah jamur corticium salmonicolor yang biasanya ada pada kecapi. Ada juga hama yang biasanya disebut tungau, hama tersebut sangat berbahaya jika terkena kecapi. Pemberian fungisida dan penyemprotan mitisida dapat membantu menghilangkan beberapa hama dan penyakit tersebut.

Memanen Kecapi

Jika sahabat duma ingin memanen buah kecapi, pastikan buah tersebut sudah berubah warna menjadi kuning keemasan. Buah dipetik dengam cara memanjat pohonnya atau dengan bambu yang digunakan sebagai galah dengan jaring pada ujungnya. Pohon kecapi yang telah berumur 30 tahun rata-rata menghasilkan buah sekitar 18.000 hingga 24.000 butir buah pertahunnya. Buah yang akan dijual biasanya dilapisi gedebog pisang dan dapat bertahan hingga 7 hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!