Cara Membersihkan Cobek Batu ala Tim Duniamasak

Cara membersihkan cobek via freepik ala tim duniamasak.com

Memasak seringkali membutuhkan bumbu yang dihaluskan menggunakan cobek batu. Tidak heran bila sisa dan bau bumbu pun melekat pada cobek batu. Sisa dan bau dari bumbu tersebut pun sulit dihilangkan. Jika kita tidak segera membersihkan cobek, biasanya bumbu yang menempel tersebut menimbulkan bau. Pada artikel kali ini Duma akan memberitahukan sahabat Duma bagaimana cara membersihkan cobek.

Bersihkan Cobek Batu dengan Cara Berikut!

Cara membersihkan cobek via freepik ala tim duniamasak.com
Cobek via freepik

Sisa bumbu pada cobek terkadang sulit sekali dibersihkan. Apalagi bila tidak segera dibersihkan akan mengganggu rasa dari bumbu yang nantinya akan kita masak. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya sahabat Duma mengintip saran dari Duma agar cobek tetap bersih dan terbebas dari sisa-sisa bumbu yang menempel.

Baca lainnya  Kesalahan dalam Mengukus Kue yang Harus Kamu Hindari

Rendam air panas

Merendam cobek dengan air panas dapat menghilangkan bau bumbu yang menempel pada cobek. Selain itu air panas juga dapat membantu mengangkat bumbu-bumbu yang menempel pada cobek. Sehingga cobek dapat dibersihkan dengan mudah. Caranya sangatlah mudah, cukup siram permukaan cobek dengan air panas, diamkan hingga beberapa menit sebelum akhirnya dibersihkan.

Menggunakan air lemon atau jeruk nipis

Air dari lemon maupun jeruk nipis juga dapat membersihkan cobek batu. Peras lemon atau jeruk nipis pada cobek kemudian sikat permukaan cobek hingga bersih. Air perasan lemon atau jeruk nipis ini juga membantu menghilangkan bau bumbu pada cobek lho sahabat Duma.

Menggunakan ampas kelapa

Sahabat Duma punya ampas kelapa sisa dari santan? Eits.. jangan cepat-cepat dibuang ya! Pasalnya ampas kelapa ini dapat digunakan kembali untuk membersihkan cobek batu. Ampas ini diletakkan pada permukaan cober sedikit demi sedikit sambil menggosk permukaan. Cara tersebut dapat membuat cobek lebih bersih dan terbebas dari bau bumbu yang menempel.

Baca lainnya  Buah yang Dianjurkan untuk Penyakit Jantung

Menggunakan sikat gigi

Sediakanlah sikat gigi khusus untuk cobek. Pasalnya bentuk sikat gigi yang kecil sangatlah pas untuk menyikat bagian permukaan cobek yang melengkung. Cukup tambahkan sabun cuci piring pada permukaan cobek kemudian gunakan sikat gigi untuk membersihkan sisa bumbu yang menempel pada cobek. Sikat gigi mampu merbersihkan setiap bagian cobek lho sahabat Duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!