Cara Memilih Cutlery Set ala Tim Duniamasak.com

Memilih Cutlery Set via freepik ala tim duniamasak.com

Cutlery set adalah peralatan makan yang sangat penting karena sering kita gunakan sehari-hari. Selain itu pilihan cutlery set yang cantik juga dapat menambah kesan mewah pada meja makan. Selain itu perawatan dan bahan dari cutlery set juga dapat menjadi pertimbangan. Kali ini Duma akan memberikan informasi mengenai cara memilih cutlery set yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk disimak!

Cara Memilih Cutlery Set

Memilih Cutlery Set via freepik ala tim duniamasak.com
Cutlery Set via freepik

Cutlery set yang cantik dan tidak mudah berkarat memang menjadi salah satu alasan bagi kita untuk memilikinya. Namun rupanya tidak hanya itu yang dijadikan pertimbangan, berikut ini adalah cara memilih cutlery set:

Tujuan penggunaan

Cuttlery set setiap negara biasanya berbeda, apalagi cutlery set Eropa dan Amerika yang sangat berbeda dengan Asia. Untuk itu kita harus dapat memilih cutlery set yang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya itu sendiri. Ada 3 macam tujuan penggunaan cutlery set, yaitu: Dessert size, Mini size, dan Table size.

Dessert size umumnya berukuran sekitar 18-22 cm dan sangat cocok digunakan oleh orang Asia. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga sering digunakan untuk menyantap makanan utama maupun makanan pembuka. Tidak jarang beberapa restoran juga menggunakannya saat menyajikan course meals. Cutlery set ini dilengkapi sendok teh juga garpu untuk kue, sehingga emudahkan kita untuk menyantap makanan pembuka, acara minum teh maupun hidangat penutup.

Mini size adalah ukuran yang tepat untuk teatime. Cutlery set ini terdiri dari garpu kue, sendok teh dan juga sendok kopi. Ukuran dari set produk yang kurang lebih 14 cm sangat cocok untuk digunakan ketika menikmati teh, es krim ataupun kopi. Tidak hanya itu, terdapat juga ukuran 12 cm yang cocok digunakan untuk menikmati makanan yang manis maupun buah-buahan. Sesuaikan cutlery set ini dengan kebutuhanmu, apabila ingin menikmati kopi pastikan terdapat sendok kopi didalam cutlery set. Begitu juga sebaliknya jika sahabat Duma ingin menikmati teh.

Baca lainnya  Intip Ragam Tepung dan Kegunaannya Dalam Berbagai Bahan Makanan

Table size sangat cocok bila sahabat Duma sedang mencari cutlery set untuk course meal. Produk ini bila di Eropadan Amerika memiliki ukuran 20-24 cm. Isi dari cutlery set ni adalah table spoon, table fork, table knife, garpu ikan, pisau ikan, dan sendok sup.

Bahan

Bahan yang biasanya sering digunakan pada cutlery set adalah perak, kayu, dan juga stainless steel. Pertimbangkan bahan cutlery set agar sesuai dengan kebutuhan sahabat Duma.

Bahan perak sangatlah cantik dan memberikan kesan mewah. Sangat cocok bila sahabat Duma ingin mempercantik meja makan. Selain itu bahan perak ini sangatlah nyaman di lidah, tidak heran bila beberapa restoran menggunakan bahan perak pada cutlery set nya. Kekurangan dari bahan perak ini adalah pada perawatannya. Perawatan bahan perak ini sangatlah sulit karena bila tidak digunakan dia akan menghitam. Harganya pun relatif mahal, dan sering dijadikan untuk hadiah.

Bahan kayu memberikan kesan hangat bila diletakkan diatas meja makan. Selain itu bahan kayu juga tidak mudah dingin maupun panas bila terkena makanan atau minuman yang masih panas atau dingin. Namun, daya tahan bahan kayu sangatlah kurang, selain itu mudah menempel bau makanan bila tidak segera dicuci dengan bersih.

Baca lainnya  Apa Bedanya Hand Blender Dengan Blender Biasa?

Bahan stainless steel adalah pilihan yang tepat karena perawatannya yang mudah. Dengan sifatnya yang antikarat tidak heran bila bahan stainless steel ini memiliki ketahannya yang baik. Selain itu harganya pun sangat bersahabat. Pilihlah bahan stainless steel yang memiliki komposisi nikel dan kromium “18-8” atau juga ada “18-10”. Perlu sahabat Duma ketahui semakin tinggi angkanya maka tingkat ketahannya semakin baik karena tidak mudah berkarat.

Jumlah cutlery set sesuai dengan jumlah pengguna

Jika sahabat Duma menggunakan cutlery set untuk makan malam dengan anggota keluarga, maka pilihlah cutlery set sesuai dengan jumlah anggota keluarga, lebihkan 1 atau 2 untuk tahu yang hadir.

Cutlery set umumnya berisi 6 set, jumlah tersebut termasuk kedalam jumlah resmi cutlery set untuk teatime di dunia. Alasannya bila sahabat Duma mengajak satu orang maka ia akan mengajak pasangannya, tidak jarang mereka juga mengajak orang tuanya sehingga bila dijumlahkan terdapat 6 orang. Maka dari itu secara default isi dari cutlery set ini 6 untuk menyesuaikan dengan jumlah 6 orang.

Merek

Bila sahabat Duma berniat untuk menjadikan cutlery set ini sebagai hadiah maka dapat memilih merek ataupun brand yang terkenal seperti sendok CAPODIMONTE. Pemberian hadiah cutlery set dengan merek yang bagus adalah pilihan yang tepat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!