Menyimpan Daging Agar Tidak Bau dan Berlendir, Begini Caranya!

Daging merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting untuk tubuh. Sebagian dari kita memilih untuk memasaknya langsung setelah membeli, ada pula yang disimpan untuk stok pada esok hari. Bagi kamu yang memiliki bisnis kuliner pun juga pasti akan selalu stok daging. Nah, sering banget pertanyaan yang muncul adalah gimana sih menyimpan daging agar tidak berlendir dan bau? Tim duma punya jawabannya nih.

Tips Tepat Agar Daging Tidak Berlendir dan Bau

Tips Menyimpan Daging Sapi via www.netirecipes.com

Tips Menyimpan Daging Sapi via www.netirecipes.com

Seperti yang kita ketahui, daging memiliki berbagai macam jenis seperti daging sapi, daging kambing dan daging yang lainnya. Nah, dari daging sapi dan daging kambing itu sendiri memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda lho. Berikut ini tips menyimpan daging sapi dan daging kambing yang semoga aja membantu ya!

Suhu

Suhu merupakan salah satu faktor terpenting dalam penyimpanan daging karena suhu sangat berpengaruh terhadap kesegaran dan keawetan daging itu sendiri, suhu yang paling ideal dalam menyimpan daging sapi yaitu -1 derajat celcius sampai 1 derajat celcius. Hal yang perlu kamu ingat yaitu, hindari menyimpan daging sapi di atas suhu lima derajat celcius, hal ini disebabkan karena sehu tersebut akan membuat daging sapi menjadi mudah terkontaminasi dengan bakteri yang berasal dari lemari pendingin sehingga dengan begitu daging akan cepat rusak, bau dan berlendir.

Baca lainnya  Sarapan Sehat Overnight Oats: Praktis dan Mengenyangkan

Pengemasan

Selain suhu, pengemasan juga menjadi salah satu faktor penting dalam menyimpan daging sapi. Agar daging lebih awet dan tidak mudah basi, akan lebih baiknya jika daging dikemas terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam lemari pendingin. Kamu bisa membungkusnya dengan menggunakan plastik wrap.

Tempat Penyimpanan

Akan lebih baik jika daging sapi tidak disimpan di dalam freezer, karena daging dalam kedaan beku sangat tidak baik dikonsumsi. Apabila daging terlalu beku, maka jus yang ada di dalam daging akan keluar. Dan hal inilah yang akan membuat tekstur daging menjadi tidak baik serta tidak segar lagi. Sebaiknya kamu menyimpan daging sapi di dalam chiller dengan suhu -1 derajat celcius sampai 1 derajat celcius.

Berbeda dengan Menyimpan Daging Kambing

Daging kambing akan menjadi lebih alot ketika dimasak dengan cara yang salah. Selain itu, penyimpanan yang salah juga akan membuat daging kambing menjadi alot serta mudah basi. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika menyimpan daging kambing.

1. Berbeda halnya dengan daging sapi yang tidak boleh disimpan dalam keadaan beku, justru daging kambing harus disimpan dalam keadaan beku. Suhu yang paling baik untuk menyimpan daging kambing yaitu sekitar -109 derajat celcius sampai -17 celcius.

Baca lainnya  Manis dan Lembut, Inilah Resep Meringue yang Mudah Dibuat

2. Sebisa mungkin kamu harus menghindari daging kambing dengan air jika tidak akan langsung diolah, karena daging kambing akan mejadi keras apabila terkena air. Sebelum diolah, maka kamu harus mencuci daging kambing dengan menggunakan air dingin.

Setiap daging memiliki cara yang berbeda dalam penyimpanannya. Hal ini disebabkan karena daging memiliki ciri dan tekstur yang berbeda-beda pula. Share tips berikut kepada teman-temanmu ya sahabat duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan