Ciri Kentang yang Berkualitas, Perhatikan Hal-hal Berikut ini!

Kentang yang Berkualitas ala DuniaMasak via caracepatmemutihkanwajah.com

Hallo sahabat duma, apakah kamu penikmat kentang? Nah, sebelum kamu membeli kentang, sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu ciri kentang yang berkualitas dan sangat baik untuk dikonsumsi. Nih tim DuniaMasak punya penjelasan lengkapnya buat kamu, simak ya!

Ciri Kentang Berkualitas, Yuk Kenali

Ciri kentang berkualitas via taysbakers.com

Ciri kentang berkualitas via taysbakers.com

Perhatikan Ciri Fisik Kentang

Kentang yang baik dan layak konsumsi juga terlihat dari bentuk fisiknya lho! Kentang berkualitas ditandai dengan permukaan yang halus, mulus dan tidak terdapat cekungan yang mengarah pada bagian yang busuk. Kentang dengan kulit yang mulus memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan kentang yang memiliki kulit kasar. Perhatikan dari bentuk kulitnya terlebih dahulu ya! Jika kamu ingin membuat makanan seperti kentang kering atau kentang goreng, cocok memilih kentang manis dengan kulit yang mulus.

Baca lainnya  Terbang ke Aceh: Jangan Lupa Icip Kuliner Khas Aceh ya!

Memiliki Bobot yang Pas dan Keras

Bobot kentang juga harus kamu perhatikan. Kentang berkualitas cukup berat karena daging umbinya tebal dan padat. Kentang yang keras juga menandakan bahwa daging umbi kentang masih utuh dan tidak terdapat kerusakan atau kebusukan di dalamnya. Berbeda dengan kentang yang memiliki bobot ringan tentu saja mengindikasikan bahwa bagian dalam umbi kentang sudah rusak atau bahkan menjadi sarang serangga dan ulat.

Pilih Kentang yang Kering

Jangan sekali-kali memilih kentang dalam keadaan basah ya sahabat duma! Sebab kandungan air yang terdapat pada bagian luar kulit kentang bisa menyebabkan lembab.  Kelembaban yang berlebih inilah yang bisa membuat kentang menjadi cepat busuk dan lembek.  Namun jika sudah terlanjur membeli kentang dan basah, keringkan kentang dengan menggunakan kertas tissue sampai kering kemudian angin-anginkan hingga permukaan kentang tidak basah lagi.

Baca lainnya  Berbagai Olahan Mie Instant Agar Tidak Membosankan

Tidak Memiliki Tunas

Sebaiknya kamu tidak memilih kentang yang memiliki tunas di bagian cekungan umbinya.  Tunas-tunas tersebut biasanya berukuran kecil seperti daun dan bentuknya bergerombol. Jika satu tunas sudah tumbuh, bukan tidak mungkin tunas lain juga ikut tumbuh di cekungan kentang. Hal tersebut bukan berarti kentang tidak layak konsumsi, hanya saja hal ini menandakan bahwa kentang sudah lama untuk disimpan atau dipanen.

Segera Olah Kentang

Hal yang terpenting setelah kamu mendapatkan kentang dengan ciri-ciri di atas adalah kamu harus mengolahnya.  Tidak menyimpan kentang terlalu lama adalah kunci untuk mendapatkan kentang segar dan kaya akan banyak manfaat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!