5 Tips Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing

Cara membedakan daging sapi dan daging kambing ala duniamasak via jambi.tribunnews.com

Hai sahabat duma, masih dalam suasana mengolah daging sapi kambing maupun daging sapi di hari idul Adha nih. Tim DuniaMasak ingin membagikan tips untuk kalian untuk membedakan daging sapi dan daging kambing.

Daging Sapi dan Daging Kambing

Daging sapi dan daging kambing via khasiatsehat.com

Daging sapi via khasiatsehat.com

1. Daging Kambing Berwarna Cerah, Daging Sapi Berwarna Pucat

Dilihat sumber penampilannya saja, daging sapi dan daging kambing sudah tampak tidak sama. Daging kambing terlihat berwarna merah cerah. Sedangkan rona daging sapi ialah merah pucat. Daging kambing memiliki warna merah pucat, merah agak ungu atau agak cokelat dan berwarna chery jika terpapar oksigen. Namun bila daging sapi telah terpapar udara cukup lama maka akan berwarna cokelat gelap.

2. Daging Sapi Bertekstur Halus, Daging Kambing Bertekstur Kasar

Cara membedakan selanjutnya adalah melalui tekstur. Kalau perlu, cobalah merenggangkan serat-serat dagingnya. Pada daging sapi, tekstur daging terasa halus dan lembut bareng serat yang renggang. Berkebalikan dengan daging sapi terasa kasar lantaran mempunyai serat yang lebih kedap dan poly.

Baca lainnya  The Holy Crab, Surganya Makanan Laut yang Harus Kamu Coba!

3. Daging Kambing Berbau Apek, Daging Sapi Tidak

Daging kambing lekat dengan istilah berbau prengus. Nah, hal ini memang benar adanya. Oleh karena itu daging kambing juga harus diolah dengan cara yang benar. Sedangkan daging sapi berbau amis yang agak menyengat pula. Namun, daging sapi juga memerlukan trik pengolahan yang benar.

4. Pada Saat Daging Dimasak

Daging sapi maupun daging kambing yang sudah matang juga mempunyai citarasa yg tidak sama lho! Meskipun tanpa bumbu, daging kambing mempunyai aroma yg bertenaga dan terasa lebih alot. Sedangkan daging sapi juga terasa alot namun sedikit lebih empuk dibandingkan daging kambing.

5. Nutrisi

Daging kambing mengandung lemak total, kolesterol, lemak jenuh lebih sedikit bila dibanding daging sapi. Daging kambing mengandung mineral besi, potassium dan thiamine lebih banyak dibanding daging sapi namun untuk kadar sodium lebih sedikit. Kadar protein hampir sama dibanding daging sapi namun daging kambing mempunyai ciri khas untuk kandungan lemak jenuh dan kolesterol.
Oiya, bagi sahabat duma yang ingin tips mengolah daging sapi maupun daging kambing, kalian bisa kirim komentar di bawah ini ya! Sekaligus yuk cek website DuniaMasak untuk mendapatkan update promo terbaru untuk lengkapi peralatan Horekamu!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!