Cara Menahan Kantuk Saat Kerja

Kerja adalah salah satu aktivitas yang membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Namun, seringkali rasa kantuk datang menghampiri saat sedang bekerja. Hal ini dapat mengganggu produktivitas dan menyebabkan pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menahan kantuk saat kerja.

Cara Menahan Kantuk Saat Kerja

Cara menahan kantuk via freepik/freepik ala tim duniamasak
Cara menahan kantuk via freepik/freepik

Sahabat Duma mungkin sering merasa kantuk saat bekerja, tentunya akan merasa terganggu bila kantuk tiba. Berikut adalah beberapa cara menahan kantuk saat kerja yang dapat dilakukan:

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup pada malam hari sangat penting untuk menjaga kesehatan dan energi tubuh. Hindari begadang dan usahakan tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Dengan begitu, tubuh akan merasa lebih segar dan siap untuk menghadapi hari yang penuh aktivitas.

Minum Air Putih Secara

Teratur Ketika tubuh kekurangan cairan, rasa kantuk dapat datang lebih cepat. Untuk menghindari hal ini, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih secara teratur. Selain membantu menjaga kelancaran metabolisme tubuh, air juga dapat membantu melembabkan tubuh yang terlalu kering akibat AC atau lingkungan kerja yang kurang sehat.

Jangan Mengonsumsi Makanan yang Membuat Kantuk

Beberapa jenis makanan seperti makanan berlemak, makanan berat, atau makanan yang tinggi gula dapat membuat tubuh merasa kantuk. Hindari mengonsumsi makanan seperti ini saat jam kerja, terutama saat siang hari. Pilihlah makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar.

Baca lainnya  Mencari Spot Instagramable? Ini Dia 5 Cafe Hits di Jakarta

Pijat Titik Tekan di Wajah

Salah satu cara yang dapat membantu menghilangkan rasa kantuk adalah dengan memijat titik tekan di wajah. Titik tekan ini terletak di pelipis, ujung alis, dan bagian tengah dahi. Pijat secara perlahan selama beberapa menit untuk meredakan rasa kantuk dan membuat tubuh terasa lebih segar.

Berdiri atau Berjalan-jalan

Berdiri atau berjalan-jalan sejenak dapat membantu mengaktifkan tubuh yang sudah terlalu lama duduk di depan meja kerja. Ini juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu tubuh untuk tetap terjaga. Jika memungkinkan, luangkan waktu sejenak untuk berjalan-jalan di sekitar kantor atau lingkungan sekitar.

Minum Kopi atau Teh

Kadang-kadang minum kopi atau teh dapat membantu meningkatkan energi tubuh dan menghilangkan rasa kantuk. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak karena dapat menyebabkan gangguan tidur pada malam hari.

Dengarkan Musik yang Menyegarkan

Musik dapat mempengaruhi suasana hati dan energi tubuh. Dengarkan musik yang menyegarkan dan dapat membuat tubuh tetap terjaga. Namun, hindari mendengarkan musik yang terlalu keras atau memilih genre musik yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan kantuk.

Lakukan Peregangan atau Latihan Ringan

Gerakan tubuh dapat membantu mengurangi rasa kantuk dan membuat tubuh terasa lebih segar. Lakukan peregangan atau latihan ringan di sela-sela jam kerja untuk mengembalikan energi dan fokus yang hilang akibat rasa kantuk.

Baca lainnya  Hummus, Hidangan khas Timur Tengah yang Kaya Rempah

Demikianlah beberapa cara menahan kantuk saat kerja yang dapat dilakukan secara sederhana namun efektif. Selain melakukan tips di atas, penting juga untuk mengatur pola tidur dan istirahat dengan baik. Dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selamat mencoba!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com