INDOCRAFT 2019, Pameran Batik & Kerajinan Nusantara

Indocraft 2019 dok duniamasak

Duniamasak.com berkesempatan menjadi media partner di acara INDOCRAFT 2019. INDOCRAFT adalah salah satu pameran dagang terkemuka untuk industri batik dan kerajinan di Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Debindo dengan dukungan dari Pemerintah dan asosiasi produsen kerajinan yang mempromosikan pengembangan industri kerajinan di Indonesia. Tujuan INDOCRAFT yaitu untuk mempromosikan dan memperluas kualitas kerajinan, batik, dan pasar mode di seluruh negara. Pameran ini akan menyatukan kerajinan tangan, produsen dan profesional yang terlibat dalam karya seni serta mode. Pameran INDOCRAFT menawarkan platform bagi peserta pameran untuk menampilkan beragam produk fesyen, kerajinan tangan, serta produk interior kepada pengunjung yang datang. Selain pameran, INDOCRAFT 2019 juga akan menghadirkan demonstrasi seni kreatif dan kegiatan kerajinan yang hidup untuk memotivasi, menyenangkan, dan menyentuh hati para pecinta seni dan kerajinan.

Indocraft 2019 Pameran Batik dok duniamasak
Pameran Batik dok. duniamasak
Indocraft 2019 Pameran Batik Nusantara dok duniamasak
Pameran Batik Nusantara dok. duniamasak

Rutin diselenggarakan setiap tahun oleh PT. Debindomulti Adhiswasti, pameran INDOCRAFT diposisikan sebagai representasi keunggulan ekonomi kreatif Indonesia (The Craftmanship of Indonesia), khususnya dari sektor fesyen batik dan aksesorisnya, termasuk ragam hasil kerajinan Nusantara. Di tahun yang ke-16 ini, INDOCRAFT mengusung sub-tema “Batik All The Way” sebagai spirit bangsa dalam menggunakan dan melestarikan warisan budaya batik yang dapat diimplementasikan pada semua karya ekonomi kreatif, mulai dari fesyen dan aksesoris bermotif batik hingga aneka ragam produk kerajinan etnik, klasik, dan modern bernuansa batik untuk pemakaian di semua suasana dan kegiatan.

Pembukaan Indocraft 2019 dok duniamasak
Pembukaan Indocraft 2019 dok. duniamasak

INDOCRAFT 2019 resmi dibuka oleh Drs. H.M Asrorun Ni’am Sholeh. MA – Deputi Bidang Pengembangan Pemuda – Kementerian Pemuda dan Olahraga R.I. Pameran ini berlangsung dari tanggal 30 Oktober 2019 – 3 November 2019 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC). Pada pidatonya, Ni’am Sholeh menyampaikan apresiasi dan harapannya kepada para kreator di industri kreatif dalam bidang produk batik dan kerajinan agar terus berkarya dan menciptakan nilai tambah atas karya-karya generasi muda Indonesia dan semakin berdaya saing. Produk yang dipamerkan dalam INDOCRAFT meliputi kategori fesyen yaitu batik ready-to-wear, fesyen aksesoris, batik etnik, batik tenun, batik order, songket dan sebagainya. Ragam produk kerajinan menampilkan hasil kerajinan kayu, bambu, logam, batu, kulit, rotan, perak, dan masih banyak lagi.

Bunda Etnik 2020 dok duniamasak
Bunda Etnik 2020 dok. duniamasak

Pada hari pembukaan tanggal 30 Oktober 2019 ini juga menjadi kesempatan penganugerahan gelar Bunda Etnik 2020 sebagai wujud kepedulian dari Komunitas Desainer Etnik Indonesia peduli. Selain itu, KDEI juuga ingin memberi penghargaan atas apresiasi persona yang selalu mengangkat Wastra Indonesia didalam penampilannya, baik di kehidupan sehari-hari ataupun saat acara khusus. Bunda Etnik aktif dalam mengangkat gaya dan cara berbusana yang terinspirasi dari kekayaan Etnik Nusantara.

Fashion Show di Indocraft 2019 dok. duniamasak
Fashion Show di Indocraft 2019 dok. duniamasak

Setelah acara penganugerahan, INDOCRAFT mempunyai kegiatan Fashion Show dengan menampilkan karya dari para desainer kondang. Diantaranya adalah Novia Hertini Batik Loempo Pesisir Selatan Sumbar, Raizal Boeyoenq Rais Batik Lumpo Pesisir Selatan Sumbar, Novita Sari Padusi Batik Lunang Motif Mande Rapiah Pesisir Selatan Sumbar, Lisda Rawda Batik Bayang Utara Pesisir Selatan Sumbar, Rajib Nasrudin Batik Garut RPG, Isabel Azhari, Klambi Abite by Novi & Tika, ELEMWE by Lili Maria Sari W, Batik Tangerang Selatan The Name is “Anti Syantet”, MF by Mary Aryati & Faisal Fatich yang didukung oleh ketua Kadin Tangerang Selatan MIZZ FARHA DIBA.

Fashion Show 2 di Indocraft 2019 dok. duniamasak
Fashion Show di Indocraft 2019 dok. duniamasak
Fashion Show 3 di Indocraft 2019 dok. duniamasak
Fashion Show di Indocraft 2019 dok. duniamasak

Di hari ke-2, masih banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan di INDOCRAFT seperti memperkenalkan Milenial Batik Look dari para desainer muda serta talkshow yang akan membahas Trend 2020 by Young Designer Indonesia. Di hari ke-3, terdapat make-up demo & hijab tutorial bersama Wardah. Di hari ke-4, terdapat pagelaran koleksi busana pria oleh perancang-perancang Indonesia yaitu Le LAKI. Di hari terakhir, akan diselenggarakan pengumuman pemenang lomba Ethnic Millenial Model Award yang akan diikuti juga dengan parade para model serta apresiasi untuk Boeyoenq Models yang telah berprestasi di dunia model.

Baca lainnya  4 Rempah-Rempah Indonesia yang Jarang Diketahui Ini Kaya Manfaat
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!