Kenali Kawa Daun, Kopi Rasa Teh

Kawa daun banner via freepik ala duniamasak

Halo, Sahabat Duma! Siapa disini yang suka kopi? Pasti banyak ya. Kalo begitu, ada yang sudah pernah mendengar atau mencicipi Kawa Daun? Pertama kali terlintas di benak pikiran adalah mirip sejenis teh ya? Tapi tunggu dulu, Kawa Daun ternyata bisa dijadikan minuman kopi loh! Kok bisa? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kawa Daun

Kawa Daun merupakan kopi lokal asal Indonesia tepatnya di provinsi Sumatera Barat yang dikeringkan dengan cara disangrai selama kurang lebih 12 jam. Daun kopi yang kering ini akan diseduh seperti teh yaitu dengan disiram air dingin lalu dimasak mendidih. Rasanya pun mirip teh dengan cita rasa daun yang unik. Sejarah nama Kawa Daun berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang berarti kopi. Sebenarnya, filosofi dari teh daun kopi memiliki keunikan tersendiri bagi para pecinta kopi yang mungkin belum tahu tentang ini bahwa tidak hanya biji, namun daunnya juga bisa dikonsumsi. Awalnya, Kawa Daun muncul pada zaman Kolonial Belanda. Dilihat dari sejarahnya, pada zaman dahulu masyarakat Sumatera Barat tidak diperbolehkan menikmati kopi. Hal itu disebabkan karena kopi dianggap sebagai minuman yang hanya boleh dinikmati oleh kalangan tertentu. Nyatanya, pada zaman itu para penjajah memaksa rakyat untuk bekerja menanam kopi untuk keperluan perdagangan. Maka dari itu, pada masa tersebut rakyat Sumatera Barat mengonsumsi hanya daun kopinya saja untuk melepas dahaga serta menambah energi untuk bekerja. Semenjak saat itulah meminum teh daun kopi menjadi tradisi yang terus berlanjut sampai sekarang ini.

Baca lainnya  Menu Enak di Hari Valentine, Sajikan Ini Untuk Pasanganmu!

Dari segi penampilan, tidak seperti kopi yang umumnya berwarna hitam pekat namun teh daun kopi ini justru terlihat lebih mirip air seduhan teh sehingga kandungan kafeinnya lebih rendah. Jadi, bisa dibilang teh daun kopi ini cocok menjadi minuman alternatif bagi orang yang memiliki alergi kafein tinggi. Teh daun kopi memiliki rasa yang tidak sekuat teh namun juga tidak sepahit kopi, sangat unik! Tetapi ada hal yang disayangkan bahwa selama ini Kawa Daun sedikit terabaikan karena banyak orang lebih memilih biji kopi karena memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Manfaat Teh Daun Kopi

Kawa daun kopi via coffeeland ala duniamasak
Kawa daun via coffeeland

Teh daun kopi merupakan bagian dari tumbuhan kopi yang jarang dimanfaatkan dan terkadang hanya menjadi limbah. Padahal selain rasanya yang enak dan unik, teh daun kopi mempunyai khasiat yang bermanfaat. Cara pembuatan dan penyajian Kawa Daun pun sebenarnya tergolong mudah dan sederhana serta dilakukan secara tradisional. Teh daun kopi yang sudah matang tidak diminum secara langsung di dalam gelas seperti pada umumnya, namun Kawa Daun akan dituang ke dalam wadah tempurung kelapa agar wanginya tetap terjaga. Di tahun 2014, para peneliti di Inggris menemukan bahwa air dari teh daun kopi dinyatakan lebih sehat dibandingkan dengan teh dan kopi biasa. Menurut para ilmuwan di London, teh daun kopi mengandung senyawa yang bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Masyarakat juga meyakini bahwa dengan meminum teh daun kopi dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit maag dan beberapa penyakit lainnya seperti melancarkan saluran pernafasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas. Menurut fakta ahli nutrisi di Eropa yang telah menganalisa 23 spesies tanaman kopi, memang Kawa Daun memiliki lebih banyak kandungan anti oksidan daripada kandungan dalam teh hitam dan teh hijau.

Baca lainnya  Tubuh Tetap Sehat Saat Bulan Ramadhan dengan 7 Tips Ini!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!