Macam-macam Spons Untuk Membersihkan Barang

Macam-macam spons via freepik ala tim duniamasak.com

Spons sering digunakan untuk membersihkan piring ataupun peralatan dapur kotor lainnya. Penggunaan spons ini memang sangat ampuh dalam membersihkan kotoran yang membandel pada barang. Biasanya penggunaan spons ini juga dibersamaan dengan sabun cuci dan air agar barang yang dibersihkan dapat kembali bersih seperti semula. Walaupun sering digunakan untuk membersihkan peralatan dapur ataupun makan, ternyata spons juga sering digunakan untuk membersihkan jendela bahkan kendaraan. Tidak heran bila ternyata terdapat macam-macam spons dan kegunaannya.

Macam-macam Spons

Kegunaan spons memang untuk membersihkan barang maupun benda. Macam-macam spons pun tercipta disesuaikan dengan fungsinya. Berikut ini adalah macam-macam spons yang wajib sahabat Duma ketahui:

Spons laut

Macam-macam Spons laut via cocooncenter.co.uk ala tim duniamasak.com
Spons laut via cocooncenter.co.uk

Termasuk jenis spons yang berbeda dengan spons biasanya. Spons laut ini adalah makhluk hidup yang tumbuh di dasar laut. Tekstur halus yang dimilikinya mampu menyerap kotoran pada benda dengan baik. Spons ini sangat cocok bila digunakan untuk membersihkan jendela dan juga mobil. Sebaiknya hindari penggunaan spons ini pada alat makan karena dapat merusak tekstur pada spons tersebut.

Baca lainnya  Resep Olahan Makanan Enak Kaya Nutrisi Untuk Diet Kamu

Spons selulosa abrasif

Macam-macam Spons selulosa abrasif via freepik ala tim duniamasak.com
Spons selulosa abrasif via freepik

Pasti sahabat Duma menggunakan spons jenis ini di rumah bukan? Ya, spons ini adalah spons yang sangat digandrungi ibu-ibu rumah tangga Spons ini memiliki kombinasi karena bagian permukaannya cenderun lebih kasar atau abrasif. Dengan perpaduan keduanya, benda yang ingin dibersihkan pun dapat kembali kinclong karena bahan selulosa dapat membersihkan kotoran serta permukaan yang kasar dapat membantu membersihkan kotoran yang membandel.

Umunya spons ini digunakan untuk membersihkan peralatan makan, bagian yang abrasif dapat digunakan untuk membersihkan kerak pada wajan, oven maupun peralatan masak lainnya. Sesuaikan tingkat kekasaran spons dengan barang ataupun benda yang ingin sahabat Duma bersihkan.

Spons kering

Macam-macam Spons kering via freepik ala tim duniamasak.com
Spons kering via freepik

Sesuai dengan namanya, spons kering ini harus digunakan dalam keadaan kering. Karena bila spons ini dalam keadaan basah maka fungsi dari spons ini tidak dapat diandalkan. Spons ini sangat cocok untuk membersihkan benda yang tidak boleh terkena air. Misalnya wallpaper tembok ataupun bagian elektronik-elekronik. Spons kering ini juga harus dirawat dengan benar, agar tingkat kekerasan pada spons tetap terjaga. Untuk itu sediakan plastik sebagai tempat untuk menjaga spons ini tetap kering, dan potong bagian yang telah digunakan untuk membersihkan barang.

Baca lainnya  Makanan Dari Kartun yang Ada Di Dunia Nyata

Spons kawat

Spons kawat via freepik ala tim duniamasak.com
Spons kawat via freepik

Spons ini berbahan dasar filamen baja dan logam lentur. Spons ini sellau menjadi andalan untuk membersihkan kotoran kerak yang sulit dihilangkan. Teksturnya yang kasar membuat kita harus berhati-hati dalam menggunakannya. Perhatikan barang-barang yang cocok digunakan untuk spons kawat ini agar tidak meninggalkan goresan pada barang.

Spons selulosa

Sponge selulosa via freepik ala tim duniamasak.com
Spons selulosa via freepik

Spons yang terakhir adalah spon selulosa, spons ini sangat mudah ditemukan di supermarket. Daya serap yang dimiliki spons ini sangatlah baik sehingga dapat digunakan untuk membersihkan hampir seluruh barang.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!