Kue yang Memiliki Nama Putri, Tampilannya Cantik!

Beragam kue terkenal dengan rasanya yang enak dan penampilannya yang unik. Banyak orang suka memesannya sebagai menu jamuan makan favorit mereka. Apalagi jika kue tersebut memiliki nama cantik yang diawali dengan “putri”. Apakah menurut sahabat Duma kue itu akan terlihat dan terasa indah seperti namanya? Yuk kita lihat kue yang memiliki nama putri berikut!

Tampilan kue, Secantik Namanya

Resep Putri Salju Coklat ala Duniamasak via idntimes.com Kue yang Memiliki Nama Putri, Tampilannya Cantik!
Putri salju via idntimes.com

Rasanya yang manis dan lezat memang sangat menggugah selera. Apalagi ditambah dengan penamaan dari kue yang unik. Ya, kue yang memiliki nama putri memang terdengar sangat menarik. Kue apa yang sangat populer dan memiliki nama putri? Ini adalah daftarnya:

Kue putri salju

Siapa yang tidak suka kue yang satu ini? Kue putri salju ini sangat populer untuk acara-acara khusus, seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru Imlek, dan lain-lain. Kue putri salju berbentuk bulan sabit, ditaburi gula bubuk seperti salju, renyah tetapi sedikit lembut, dan dikombinasikan dengan manisnya gula bubuk, dengan cepat membuat ketagihan. Cobalah variasi menarik yang berbeda dari kue putri salju ini.

Kue putri keraton

Kue dengan nama putri yang kedua ini merupakan kue dari keraton dari Banjarmasin yang cukup unik layaknya julukan kerajaan di pulau Jawa. Saat membuat kue tradisional ini juga terbilang langka dan berbeda dari yang biasanya, dimana kue putri keraton tidak terbuat dari tepung terigu, melainkan susu kental dan juga biskuit dengan tambahan bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut dicampur jadi satu lalu dipanggang hingga matang.

Baca lainnya  Manfaat Sayur Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Kue putri mandi

Sebagian daerah menyebut nama kue tradisional ini dengan banyak julukan seperti bugis mandi, kue mendut dan kue putri mandi. Hal ini dikarenakan kue ini berbentuk bulat berwarna-warni yang indah yang direndam dalam kelapa, yang membuatnya terlihat seperti seorang putri yang sedang mandi. Rasanya pun nikmat dan juga kenyal.

Kue putri noong

Kue ini terbuat dari parutan singkong, pisang, dan kelapa parut. Dikenal dengan banyak julukan, seperti kue mata roda, kue kaca mata, dan kue putri noong. Di tanah Sunda, nama putri noong sendiri diartikan sebagai pisang yang bentuknya seperti mengintip ke dalam kue, meskipun di setiap daerah penamaan kue ini terlihat berbeda dan unik, akan tetapi memiliki kesamaan yaitu mengacu pada kue yang seperti mata. Untuk rasa dan tekstur tidak ada perbedaan, yakni manis dan kenyal.

Kue putri kandis

Kue tradisional Jambi ini terlihat berlapis-lapis, dan biasa disajikan sebagai suguhan istimewa pada acara-acara tertentu, salah satunya adalah antar belanjo. Prosesi pernikahan mencakup berbagai hantaran belanja, termasuk yang mengantarkan kue putri Kandis. Acara antarbelanjo ini dimaksudkan untuk membantu membangun rasa kekeluargaan antara kedua mempelai.

Baca lainnya  Resep Membuat Kue Mochi Ice Cream Sederhana

Kue putri selat

Selain kue putri keraton, ada juga alternatif yang enak dan menggiurkan yaitu kue putri selat. Kue ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, pewarna makanan, santan, dan gula. Bahan adonan dikukus secara bertahap hingga membentuk lapisan padat. Setelah pengukusan kedua, hingga kue matang. Memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis. Paling enak dinikmati saat dingin.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan