5 Makanan Asli Jambi yang Harus Kamu Cicipi: Dijamin Suka!

Makanan asli Jambi ala DuniaMasak via bacaterus.com

Makanan asli dari daerah asal Jambi sangat memiliki cita rasa yang khas dan menjadi pusat perhatian. Indonesia memang kaya akan kuliner nusantara. Tak ketinggalan rasa nan lezat dari masakan asli Jambi di bawah ini. Apa saja ya kira-kira sahabat duma? Penjelasannya di bawah ini ya!

Makanan Asli Jambi

Masak hitam makanan asli Jambi via bacaterus.com

Masak hitam via bacaterus.com

1. Nasi Gemuk

Makanan asli jambi yang satu ini hampir mirip dengan nasi uduk. Nah, di Malaysia dan Singapura disebut dengan nasi lemak. Bahan yang dipakai untuk membuatnya pun sama seperti nasi uduk yakni beras, santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk. Hanya saja yang membedakan dengan nasi uduk adalah pelengkapnya. Pelengkap untuk nasi gemuk ini adalah telur rebus, teri goreng, kacang tanah, bawang goreng dan sambal.

Baca lainnya  Membuat Mie Rumahan Anti Gagal dengan Bahan Berikut Ini!

2. Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi yang satu ini berbahan dasar ikan gabus yang dimasak dengan cara digulai. Biasanya Gulai Tepek Ikan ini di hidangkan pada acara-acara tertentu saja seperti pernikahan, acara adat, ataupun ketika menyambut tamu istimewa. Nah, maka dari itu, beruntung sekali jika kamu berkunjung ke Jambi dapat merasakan makanan asli Jambi yang satu ini lho.

3. Gulai Ikan Patin

Berbeda dengan Gulai Tepek Ikan, makanan asli Jambi yang satu ini terbuat dari ikan patin. Uniknya, Gulai patin ini dimasak dengan menggunakan tempoyak sebagai bumbunya. Tempoyak tersebut dibuat dari olahan fermentasi durian.

4. Daging Masak Hitam

Makanan ini merupakan kuliner yang paling diminati oleh masyrakat Jambi maupun para wisatawan asing. Makanan khas Jambi ini dibuat dengan bahan dasar daing sapi dan di olah dengan beberapa bumbu dan rempah-rempah. Bumbu-bumbu yang digunakan seperti adas minas, kecap, kayu manis, kelapa, jinten, dan pala bubuk. Daging Masak Hitam ini sangat cocok bila di makan dengan nasi putih yang masih hangat.

Baca lainnya  9 Makanan yang Dilarang untuk Dikonsumsi Para Atlet

5. Dodol Kentang Kerinci

Dodol ini terbuat dari kentang yang diambil langsung dari kaki Gunung Kerinci. Kentang yang berasal dari gunung Kerinci ini memiliki kualitas yang sangat baik. Oleh karena itu, makanan yang satu ini juga sering dijadikan oleh-oleh ataupun buah tangan dari Jambi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!