Makanan Khas Bali: Cita Rasa Nusantara yang Mewakili Indonesia

Masakan khas Bali ala DuniaMasak via blog.kulina.id

Hallo sahabat duma, pernahkah kamu mencicipi makanan khas Bali? Makanan khas Bali yang memiliki cita rasa yang berbeda, khas karena dibuat dari rempah yang beragam. Oiya, jika kamu belum pernah mencicipinya tim DuniaMasak akan membagikan referensi makanan khas Bali seperti di bawah ini:

Makanan Khas Bali

Makanan khas Bali via iradiofm.com

Makanan khas Bali via iradiofm.com

Ayam Betutu

Bagi kamu pencinta masakan pedas, bersiaplah untuk jatuh cinta dengan Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang bikin ketagihan! Kenapa makanan khas Bali yang satu ini berbeda? Sebab bumbu tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam kampung. Lantas dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api sekam yang memakan waktu hingga 24 jam. Hal ini dilakukan agar bisa menghasilkan rasa gurih, lembut dan pedas yang otentik. Betutu juga bisa menggunakan daging bebek.

Baca lainnya  Masakan Medan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur adalah salah satu makanan khas Bali yang paling populer. Bagi penduduk asli Bali, ini adalah menu makanan mereka sehari-hari. Sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu basa genep Bali, sayur urap, dan lawar ayam siap untuk disantap menemani nasi putih hangat. Mengonsumsi nasi campur ini akan lebih nikmat ketika kalian mencampurnya dengan sambel matahatau sambel embe khas Bali.

Menariknya lagi, menu ini selalu tampil dengan lauk yang bervariasi di setiap rumah makan di Bali, misalnya ada yang menghidangkannya dengan ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi pedas, ikan pindang, maupun taburan kacang tanah goreng.

Sate Lilit

Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, sate lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu. Rasanya di jamin empuk dan gurih! Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, kamu akan mencium aroma wangi yang sedap.

Baca lainnya  Ciri Kentang yang Berkualitas, Perhatikan Hal-hal Berikut ini!

Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, babi, ataupun ikan tenggiri. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri yang kebanyakan disukai orang.

Bagaimana sahabat duma, manakah makanan khas Bali yang harus paling penasaran untuk kamu coba? Tuliskan komentarmu di bawah ini ya! Oiya, jangan lupa cek promo kemerdekaan kami di website resmi DuniaMasak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!