Yuk Intip Makanan Khas 17 Agustus: Referensi Menyelenggarakan Event Kemerdekaan!

Makanan khas kemerdekaan ala DuniaMasak via trendterbaru.com

Hai sahabat duma, memasuki bulan Agustus, tak jarang soal event kemerdekaan tengah gencar dilaksanakan. Nah, dimana ada event, tentu di sana ada makanan bukan? Ya, tim DuniaMasak akan membagikan informasi seputar makanan khas 17 Agustus yang biasanya selalu ada saat event kemerdekaan. Yuk intip!

Berikut Makanan Khas 17 Agustus

Acara Kmerdekaan makanan khas via 1001cara.web.id

Acara Kmerdekaan via 1001cara.web.id

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah nasi kuning yang disajikan dengan bentuk kerucut di dalam sebuah nampan. Kemudian di sekelilingnya dilengkapi dengan lauk pauk seperti oseng tempe, suwiran ayam, sambal goreng kentang, telur dadar yang sudah dipotong-potong kecil, perkedel hingga potongan kecil ayam goreng. Nasi tumpeng biasanya disajikan sebagai ungkapan rasa syukur dalam rangka ulang tahun. Biasanya nasi tumpeng juga dijadikan pada sebuah lomba dalam perayaan kemerdekaan pada setiap tanggal 17 Agustus nanti.

Baca lainnya  Berikut 6 Makanan Larangan untuk Bayi, Simak Penjelasannya!

Telok Abang

Telok abang adalah telur rebus berwarna merah yang berasal dari Palembang. Telok abang selalu disajikan khusus pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus saja. Telok abang ini biasanya menggunakan telur bebek. Namun belakangan telok abang menggunakan telur ayam juga karena harganya lebih murah. Pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan sehingga aman untuk dikonsumsi. Nah, telok abang biasanya dijual dengan sebuah miniatur kapal. Miniatur kapal inilah yang membuat anak-anak tertarik untuk membeli telok abang.

Ayam Tuturaga

Ayam tuturaga adalah makanan khas Manado dengan cita rasa pedas. Biasanya ayam tuturaga cocok disajikan saat musim hujan atau musim dingin untuk menghangatkan badan. Tuturaga awalnya merupakan kuliner yang menggunakan bahan dasar daging penyu. Namun sejak penyu ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi, bahan dasarnya pun diganti menjadi ayam. Ayam tuturaga hampir mirip dengan opor ayam yang nikmat namun memiliki cata rasa yang lebih pedas sehingga lebih menggugah selera.

Baca lainnya  Thai Rolled Ice Cream, Jajanan yang Lagi Kekinian Banget

Kohu-kohu

Kohu-kohu adalah makanan khas dari Maluku berupa urap. Bahan utamanya sayuran seperti tauge, kacang panjang, parutan kelapa dan bedanya dengan urap di tanah Pasundan adalah campuran ikan cakalang yang istimewa. Rasanya gurih, mengenyegarkan dan menjadi favorit bagi warga Ambon.

Kerabu Betik

Kerabu betik adalah urap yang menjadi makana khas dari Malaysia. Kerabu betik menggunakan bahan dasar pepaya muda dengan campuran rempah-rempah rasa gurih dan pedas. Kerabu betik juga terkadang menggunakan bahan lain seperti jantung pisang, pucuk pakis atau sayuran lainnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!