Makanan Ringan Khas Bandung Yang Terkenal Enak

Share artikel ini:

Bandung! apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu saat mendengar kata ini?

Kulinernya kah? Pakaiannya yg murah dan bagus kah? Atau warganya yang geulis-geulis dan kasep-kasep kah? Bandung memang selalu menarik dan tak ada bosannya untuk dikunjungi ya!

Bandung via: http://scontent.cdninstagram.com/

Mungkin kamu tidak asing dengan kata-kata “Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum” Quotes yang terdapat di JL. Asia Afrika dari M.A.W Brouwer ini memang sangat pas banget ya untuk menggambarkan kota Bandung ini!

Kota Bandung juga dikenal sebagai Paris Van Java nya Indonesia karena udara kota Bandung ini emang sejuk banget loh! Kalo udara udah sejuk, pemandangan bagus, bawaannya pasti pengen ngemil terus ya sobat DuMa.

Di Bandung ada banyak banget makanan yang bisa bikin diet kalian gagal nih, salah satunya adalah aneka olahan aci-nya yang dijamin enak banget! Kamu tahu aci gak sih? Itu looh tepung terigu yang enak banget! Ada aci dicolok (cilok) aci digoreng (cireng) aci digemol (cimol) pokoknya dewa-dewa banget deh rasanya!

Nah sobat DuMa tau gak nih makanan apa saja yang terkanal dari kota kembang ini?

Selain aneka olahan aci-nya Bandung juga memiliki segudang makanan enak yang ga kalah deh sama makanan luar negeri.

  1. Surabi

    Surabi Bandung via: http://sebandung.com/wp-content/uploads/2014/05/Surabi-Paling-Enak-di-Bandung.jpg

Makanan ini nampaknya sudah sangat populer ya di Indonesia, ada beberapa orang yang menganggap kalau surabi ini mirip banget sama pancake. Namun surabi dan pancake itu berbeda loh ya! Surabi adalah makanan yang terbuat dari tepung, dan dibakar di atas tungku. Surabi memiliki ukuran yang sangat tebal. Kamu bisa menambahkan beberapa varian toping di atasnya seperti coklat, pisang, keju, ataupun strawberry untuk menambah cita rasanya.

  1. Siomay Bandung

    Siomay Bandung via: http://www.idememasak.com/wp-content/uploads/2016/02/Resep-Siomay-Bandung-yang-enak-dan-gurih.jpg

Kalo makanan yang inisih emang udah ga perlu diraguin lagi yah sobat DuMa tentang rasanya, kayaknya kita udah sepakat kalau siomay bandung ini emang enak banget! Makanan ini biasanya terbuat dari daging ikan, sagu, yang di kukus lalu ditaburi dengan bumbu kacang, yang pastinya bikin kamu ga bakalan nolak deh!

  1. Batagor

    Batagor Bandung via: http://resepcaramemasak.info/wp-content/uploads/2014/08/Resep-Batagor-Bandung.jpg

Batagor merupakan kepanjangan dari Baso Tahu Goreng ini adalah salah satu jajanan favorit khas bandung. ga akan susah nyari batagor ataupun siomay diluar kota Bandung karena makanan ini sudah terkenal dari jaman dulu. Tahu yang berbalut tepung adonan ikan tenggiri yang dimakan dengan saus kacang ini bisa dibilang masih menjadi primadona di antara jajanan-jajanan enak khas Bandung lainnya. Ada 2 versi batagor yang digemari saat ini, yaitu batagor kering dan batagor basah, kalau kamu termasuk ke dalam kelompok yang mana?

  1. Seblak

    Seblak Bandung via: https://img-global.cpcdn.com/003_recipes/8f2aa092e8378064/1200x630cq70/photo.jpg

Seblak termasuk baru dalam dunia per-kuliner-an Bandung, biarpun masih tergolong baru namun jangan salah, popularitas seblak ini udah bisa nyaingin pendahulu-pendahulunya loh! seblak adalah kerupuk yang di rebus setengah matang dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kencur, cabe, bawang putih, dan sedikit penyedap rasa. Dan ciri khbukan seblak namanya kalau ga mampu membuat anda garuk-garuk kepala karena rasanya yang pedas

  1. Pisang molen

    Pisang Molen via: http://www.resepumi.com/wp-content/uploads/2014/09/Resep-Pisang-Molen.jpg

Pisang molen adalah salah satu hidangan ringan dengan bahan baku pisang yang dilapisi lembaran-lembaran adonan dan kemudian digoreng, seiring dengan berkembangnya zaman variasi rasa dari pisang molen semakin beragam loh, ada juga pisang molen dengan rasa keju. Kebayang ga sih ketika kamu gigit molen lalu keluar keju melted dari dalam molen itu? Enak sekali bukan?

Sebenarnya sih ada banyak lagi makanan khas Bandung yang wajib banget kamu coba, tapi beberapa makanan hits di atas kayaknya udah cukup lah ya untuk mewakili kelezatan dari kuliner Bandung, kalau kamu ingin tahu informasi hits lainnya jangan lupa ya untuk Follow kita di Instagram @duniamasakid, sampai bertemu lagi di artikel lainnya sobat DuniaMasak.com 🙂

Share artikel ini:
Baca lainnya  Panci Tepat, Masak Mantap! Kenali Macam Panci Sebelum Anda Gunakan

One thought on “Makanan Ringan Khas Bandung Yang Terkenal Enak”

  1. makanan khas indonesia yang enak dan sehat says:

    Very descriptive blog, I liked that a lot. Will there be a part 2?

Yuk bahas artikel ini!