Sahabat Duma, Berikut Ini 5 Makanan Sunda yang Harus Kamu Cicipi!

Makanan sunda juga menjadi salah satu kuliner yang harus kamu cicipi ya sahabat duma. Bagi kamu pecinta masakan kurang pedas dan sedikit manis, makanan sunda bisa menjadi pilihan makanan favorit lho! Di bawah ini banyak banget referensinya yang harus kamu coba. Intip yuk!

Makanan Sunda

sayur asem makanan sunda via royco.co.id

sayur asem makanan sunda via royco.co.id

Nasi Liwet

Makanan sunda yang pertama yang harus kamu coba adalah nasi liwet. Nasi liwet ini mempunyai dua versi. Versi pertama berasal dari Solo, sedangkan versi keduanya dari Sunda. Ada perbedaan dari kedua versi nasi liwet. Di Solo, nasi liwet dibuat dengan santan dan dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Sedangkan di Sunda tidak menggunakan santan dalam proses masaknya.

Nasi liwet khas Sunda mempunyai cita rasa yang gurih meskipun tidak menggunakan santan. Rasa gurih yang dimiliki oleh nasi liwet diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi, dan daun salam.

Baca lainnya  Tips Lengkap Memilih Ikan Segar

Nasi Tutung Oncom 

Nasi tutung oncom atau orang Sunda menyebutnya sangu tutung oncom, disingkat T.O, adalah sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat. Di Jakarta dan kota-kota lain, ada cukup banyak warung makan khusus menyajikan nasi tutug oncom dengan berbagai variasi lauk pauk.

Karedok 

Karedok adalah makanan khas Sunda yang mempunyai kemiripan dengan gado-gado. Karedok menyajikan berbagai sayuran dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera. Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya.

Sayur Asem

Sayur asam atau sayur asam adalah makanan khas Sunda yang telah memiliki berbagai variasi lokal, semisal di Jakarta ada sayur asem Betawi, atau di beberapa daerah lain juga ada variasi sayur asem kangkung. Untuk diketahui, makanan ini dinamakan sayur asem karena menggunakan asam jawa untuk memberikan cita rasa asam pada kuahnya.

Baca lainnya  Tips Agar Pisau Dapur Tidak Sering Tumpul Lagi!

Sayur asem dibuat dengan menggunakan berabgai sayuran yang mudah ditemukan di dataran Indonesia. Adapun sayur-sayuran tersebut antara lain labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah.

Tumis Genjer Oncom 

Makanan khas Sunda ini merupakan kuliner tradisional yang banyak disajikan di warung-warung makan Sunda. Oncom adalah bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini. Cita rasa oncom yang nikmat dipadukan dengan rasa manis pedas dan genjer atau paku rawan yang mempunyai kontur lunak tapi renyah saat digigit. Pada tiap sajian tumis genjer oncom terdapat banyak kandaungan serat. Jadi selain nikmat, makanan ini juga menyehatkan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!