Makanan yang Dapat Meredakan Alergi

Meredakan alergi via freepik ala duniamasak.com

Alergen merupakan istilah dari benda yang dapat menimbulkan alergi. Alergi sendiri adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada manusia apabila terdapat partikel asing yang masuk ke dalam tubuh. Reaksi tersebut dapat menyebabkan kulit terasa gatal, iritasi, bersin ataupun mata merah. Bila sahabat Duma sedang megalami alergi sebaiknya mengonsumi makanan yang dapat meredakan alergi.

Makanan yang Dapat Meredakan Alergi

Meredakan alergi dengan konsumsi yogurt via freepik ala duniamasak.com
Konsumsi yogurt redakan alergi via freepik

Saat kita sedang mengalami alergi, ada baiknya kita harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Alih-alih berharap dapat meredakan alergi, kesalahan dalam mengonsumsi makanan dapat memperparah alergi yang sedang dialami. Beirkut ini adalah makanan yang dapat meredakan alergi:

Lemon

Vitamin C yang terkandung pada buah lemon sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari respon dari alergi. Antioksidan yang ada dalam kandungan buah lemon pun mampu mengeluarkan segala racun yang ada pada tubuh.

Baca lainnya  Showcase Cake Hot & Cool untuk Bisnis Kafe

Apel

Zat quercetin yang ada pada buah apel dapat mencegah pelepasan histamin dari tubuh. Histamin sendiri adalah zat yang dihasilkan oleh sel-sel dalam tubuh ketika sedang terkena alergi. Kandungan quercetin dapat menjaga kestabilan histamin yang ada pada tubuh. Konsumsi apel dengan cara dimakan langsung maupun diblender menggunakan blender dari Electrolux atau Miyako yang dijual di Duniamasak.com.

Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, kanudngan tersebut dinamakan epigallocatechin gallate. Senyawa ini dapat menghindari respon alergi pada tubuh.

Yogurt

Yogurt kaya akan kandungan protein dan juga kalsium. Tidak heran bila yogurt menjadi salah satu makanan yang memiliki gizi tinggi. Kandungan probiotik (bakteri baik) sangat ampuh dalam mengurangi alergi dan bersifat anti-inflamasi.

Baca lainnya  Sarapan Sehat Overnight Oats: Praktis dan Mengenyangkan

Jahe

Mengonsumsi jahe dapat menghalangi produksi alergi yang berlebih. Sangat dianjurkan bagi penderita alergi untuk mengonsumsi minuman yang mengandung jahe seperti wedang jahe.

Ubi jalar

Ubi jalar mengandung kalium yang tinggi. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin B6 dan magnesium yang dapat meredakan peradangan alergi. Tidak hanya itu kandungan vitamin C pada ubi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bawang putih

Bawang putih dipercaya sebagai antibiotik untuk alergi dan dapat mencegah terjadinya alergi. Bawang putih dapat dikonsumsi secara langsung maupun dengan kapsul bawang putih.

Semangka

Kandungan 92% air pada semangka dapat membantu menghilangkan racun yang menimbulkan alergi. Selain itu ada juga kandungan vitamin C serta antioksidan yang baik untuk kesehatan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!