11 Manfaat Buah Cempedak yang Jarang Diketahui Orang!

Manfaat buah cempedak ala DuniaMasak via kumparan.com

Kamu pernah mendengar atau bahkan pernah mencicipi buah cempedak? Bagi kamu yang belum pernah mencicipi buah yang satu ini mulai saat ini coba deh mengonsumsinya. Sebab manfaat buah cempedak ternyata sangat banyak lho sahabat duma! Simak nih penjelasan lengkapnya!

11 Manfaat Buah Cempedak

Manfaat cempedak via manfaat.co.id

Manfaat cempedak via manfaat.co.id

1. Menyehatkan Mata

Manfaat buah cempedak yang pertama adalah untuk menyehatkan mata. Buah cempedak mengandung Vitamin A yang berarti membantu menambah kesehatan pada mata kita. Ada banyak buah dan sayur yang mengandung Vitamin A tetapi buah cempedak menjadi salah satu buah yang manis dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai pemasok Vitamin A dalam tubuh.

2. Sebagai Bahan Makanan

Sama seperti Nangka, buah cepedak juga dapat diolah. Sebagai contoh daging buah cempedak ini dapat dibuat menjadi menjadi kolak dan digoreng layaknya gorengan. Rasanya nikmat namun perlu diingat, buah yang digoreng tidak begitu memberi efek baik pada tubuh. Sehingga harus dilihat juga kebersihan dan kondisi minyak untuk menggoreng buah cempedak.

3. Merendahkan Kolesterol Pada Darah

Buah cempedak juga memiliki manfaat untuk tubuh kita dalam hal merendahkan kadar kolesterol. Kandungan Vitamin C dapat mengusir kolestrol jahat agar tidak mengalir dalam darah dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar. Kolesterol jahat dapat menimbulkan banyak penyakit berat seperti sakit jantung.

Baca lainnya  Ingin Tahu Lebih Lanjut Seputar Fakta Tentang Kopi?

4. Meredakan Tumor

Ada banyak ahli kesehatan yang mengatakan kalau buah cempedak mampu membantu mengobati penyakit tumor. Tetapi sampai saat ini belum ada hal pasti mengenai hal tersebut. Melihat dari kandungannya seperti bioflavanoid, kemungkinan besar memang dapat membantu meredakan tumor.

5. Meredakan Malaria

Bioflavanodi dan kandungan enzim juga berbagai vitamin dalam buah cempedak juga dikatakan dapat membantu penderita malaria untuk sembuh. Makanlah dalam bentuk mentah atau tidak diolah. Atau bisa dikatakan makanlah buah cempedak alami.

6. Mengusir Parasit

7. Menjaga Pencernaan

Buah cempedak juga mampu membantu dan menjaga pencernan dalam tubuh kita berjalan lancar. Kandungan Vitamin C dalam buah ini mampu menghindari kita dari penyakit sembelit atau sulit buang air besar.

8. Memberi Asupan Air

Buah cempedak memang tidak dapat tumbuh di tempat yang bukan tropis karena buah ini membutuhkan banyak asupan air untuk tumbuh. Sama seperti manfaatnya, karena buah ini memakan banyak asupan air ketika tumbuh, buah cempedak juga mengandung banyak asupan air bila dikonsumsi. Sebab demi membantu untuk memberi asupan air dalam tubuh kita.

Baca lainnya  Intip Ide Membuat Saus Salad Buah ala Tim DuniaMasak yuk!

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain dapat memberi asupan air, buah cempedak juga dapat menjaga daya tahan tubuh kita dengan adanya bioflavanoid. Bioflavanoid dapat mengusir radikal bebas yang dapat mengambi sel – sel sehat dalam tubuh kita.

10. Mencegah Resiko Stroke

Penyakit stroke menjadi penyakit yang sebagian besar diderita oleh orang yang lanjut usisa. Tetapi tidak sedikit pula mereka yang masih berusia muda terserang penyakit ini bahkan anak – anak. Buah Cempedak juga memberi manfaat dalam hal ini dengan mencegah resiko stroke.

11. Pelangsing Tubuh

Mengonsumsi buah cempedak akan memberikan rasa kenyang. Ini menjadikan buah cempedak cocok sebagai makanan diet. Buah cempedak memang lebih sulit ditemukan dibandingkan buah Nangka. Tidak banyak yang menjual buah ini dan untuk menemukannya perlu mengetahui pusat yang menjual buah ini. Di negara lain, buah cempedak hanya tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Dan kebanyakan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, Malaysia, Thailand, Filiphina, dan Vietnam.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!