9 Manfaat Jagung Muda Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh via trenlagi.blogspot.com

Tahukah kamu, jagung biasa memiliki berat 3 ons, memiliki sekitar 22 gram karbohidrat. Sedangkan pada jagung muda dalam jumlah yang sama, hanya mempunyai 8 gram karbohidrat saja. Hal ini memungkinkan terjadi karena di dalam jagung yang masih muda gula belum diproduksi dalam jumlah sebanyak pada jagung yang sudah besar. Nah, ternyata, dengan itu manfaat jagung muda sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Simak manfaat jagung muda di bawah ini ya!

Manfaat Jagung Muda

manfaat jagung muda via nakita.grid.id

Jagung muda via nakita.grid.id

1. Menurunkan Berat Badan

Dukung program dietmu dengan bantuan jagung muda untuk membantu menurunkan berat badan. Jagung muda sangat rendah akan kandungan lemaknya, tetapi sangat kaya akan asam folic dan potassium. Serta, jagung muda juga memiliki indeks glycemic yang jauh lebih baik dibandingkan jagung biasa yang sudah besar. Beberapa faktor yang sudah disebutkan tadi menjadikan jagung muda sebagai bahan makanan yang sangat cocok untuk membantu manfaat diet sehat, untuk penurunan berat badan.

2. Melancarkan Proses Pencernaan

Jagung muda mempunyai kandungan manfaat vitamin B yang cukup banyak. Berbagai vitamin B tersebut dapat berguna untuk membantu mencegah terjadinya semebelit. Oiya, yang terpenting adalah, vitamin B di dalam jagung muda dapat membantu melancarkan proses pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, serat yang terkandung di dalam jagung muda juga akan melancarkan proses metabolisme tubuh.

Baca lainnya  Membuat Cemilan Otak-otak Ayam Sendiri Yuk!

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Karbohidrat yang rendah di dalam jagung muda ditambah dengan kandungan seratnya yang cukup tinggi akan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk mencegah penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

4. Sumber Energi yang Sehat

Tidak seperti bahan makanan lainnya, jagung muda sangat rendah akan lemak jenuh namun tinggi akan kandungan proteinnya. Protein memiliki fungsi untuk memperbaharui sel-sel di dalam tubuh yang sudah mengalami kerusakan, dan juga protein sebagai sumber energi tubuh.

5. Mencegah Penyakit Alzeimer

Penyakit Alzeimer merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang mengalami kepikunan. Ternyata, jagung muda yang notabene mengandung folat yang tinggi dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit alzeimer. Folat sendiri merupakan unsur yang berfungsi untuk menutrisi otak.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jagung muda adalah sumber makanan yang kaya akan gizi. Dalam takaran rendah sekalipun, jagung muda memiliki 4% manfaat vitamin A dari total kebutuhan vitamin A, serta vitamin C dan zat besi yang bisa membantu menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh kita.

Baca lainnya  Bagaimana Asal Muasal Masakan Peranakan?

7. Memperlancar Sirkulasi Oksigen di dalam Tubuh

Manfaat zat besi yang terkandung di dalam jagung muda dapat bermanfaat untuk memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan oksigen dapat berakibat sangat fatal seperti salah satunya adalah mengakibatkan kerusakan pada otak.

8. Menyembuhkan Infeksi

Kandungan manfaat vitamin C dan vitamin A di dalam jagung muda yang tinggi sangat dibutuhkan sekali untuk kesehatan tubuh. Satu buah jagung muda saja, terdapat 23% vitamin C dan 3% vitamin A dari total keseluruhan kebutuhan kedua vitamin tersebut setiap harinya. kedua vitamin ini berfungsi untuk mencegah bahkan menyembuhkan infeksi yang mungkin terjadi di dalam tubuh kita.

9. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kadar potassium di dalam manfaat jagung muda yang mencapai 17 mg, dapat membantumu mencegah naiknya tekanan darah. Potassium merupakan sebuah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, berguna untuk mengatur peredaran darah dan melancarkannya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!