5 Manfaat Jambu Biji Selain Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah

http://www.gambarbinatang.com/2013/02/manfaat-jambu-biji-morfologi-dan-gambar.html

Sahabat duma, manfaat jambu biji selain dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah, nyatanya masih banyak lagi lho! Manfaat dari jambu biji ini tentu ada karena kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam jambu biji. Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin K, likopen, asam folat, zat besi, serat, dan masih banyak lagi. Apa saja sih manfaatjambu biji yang lainnya? Yuk simak penjelasan tim DuniaMasak berikut ini!

Manfaat Jambu Biji

Manfaat jambu biji via www.alodokter.com

Manfaat jambu biji via www.alodokter.com

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jambu biji yang pertama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Para ahli percaya bahwa kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Ya, memang antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh dan jambu biji sangat banyak mengandung antioksidan. Jambu biji juga mengandung kalium dan serat yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kalium dibutuhkan sel dan cairan tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Sedangkan, serat dapat mengikat kolesterol yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

Baca lainnya  Fakta Dibalik Praktisnya Kulkas Portable Mini!

2. Mencegah dari Kanker

Selanjutnya, manfaat jambu biji dapat mencegah dari penyakit kanker. Sebab jambu biji mengandung kadar likopen tinggi yang mempunyai sifat antioksidan, sehingga dapat memberikan efek antikanker. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, di mana ini merupakan salah satu penyebab kanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan tinggi vitamin C, bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji mengalahkan kandungan dalam jeruk. Vitamin C ini berhubungan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang rendah dalam tubuh dapat membuat seseorang lebih berisiko untuk terkena infeksi dan penyakit.

Baca lainnya  Apa Sih Perbedaan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar? Berikut Penjelasannya!

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi kamu yang menderita diabetes atau mempunyai kadar gula darah tinggi, ternyata jambu biji dapat membantumu untuk mengontrol kadar gula darah lho! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum teh daun jambu biji setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah selama 2 jam.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Selain kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi, jambu biji juga mengandung serat. Kandungan serat inilah yang membuat jambu biji dapat membantu melancarkan pencernaan. Satu buah jambu biji bisa mengandung 12% dari rekomendasi asupan serat per hari lho! Sehingga, mengonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah sembelit, mengurangi durasi diare, dan menjaga kesehatan usus.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!