Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Share artikel ini:

kacang-hijau

Kacang hijau termasuk tumbuhan jenis kacang-kacangan yang mengandung protein nabati tinggi. Kacang hijau dapat diolah untuk makananan maupun minuman, terutama bubur yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Selain diolah menjadi sajian bubur, kacang hijau juga bisa dimanfaatkan kecambahnya bahkan, bisa juga dijadikan sebagai tepung.

Lalu apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil? Berikut ini sejumlah manfaat kacang hijau dalam kehamilan :

Mengandung Protein
Pada kacang hijau memiliki kadar protein yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan protein yang terdapat pada telur, daging, dan ikan. Protein didalamnya seperti protein kompleks yang berupa asam amino esensial dan non-esensial, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau pada masa kehamilan. Fungsi protein untuk ibu hamil dan menyusui adalah untuk memproduksi dan memperbaiki sel yang rusak, sangat baik mengkonsumsi pada masa kehamilan awal bulan. Selain itu kacang hijau juga baik bagi pertumbuhan bayi dan dapat memperbaiki jaringan yang rusak sehabis melahirkan.

Baca lainnya  Sisa Kaldu Berlebih? Jangan Dibuang!

Kacang Hijau mengandung Banyak Vitamin
Kacang hijau memiliki banyak kandungan vitamin A, B1, B2 dan C yang bermanfaat sebagai vitamin yang memadai pada masa kehamilan dan menyusui. Vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah bayi lahir Prematur dan baik untuk kesehatan mata bayi yang diperoleh dari ASI. Sementara vitamin B1 dan B2 baik bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya, agar terhindar dari stres melahirkan dan sangat membantu dalam pertumbuhan jaringan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kacang hijau yang bermanfaat sebagai antioksidan serta meningkatkan kesuburan ibu hamil.

Kacang Hijau mengandung Karbohidrat
Pada masa kehamilan dan menyusui, seorang ibu akan membutuhkan energi yang banyak. Kacang hijau tinggi karbohidrat merupakan pilihan yang sangat tepat pada masa hamil dan menyesui. Kandungan karbohidrat di dalamnya akan diubah menjadi energi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi untuk ibu hamil dan menyusui.

Kacang Hijau Rendah lemak
Kandungan lemak yang dimiliki pada kacang hijau sangatlah rendah. Ini menyebabkan makanan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah basi. Kandungan lemak tak jenuh ganda sangat penting untuk kesehatan jantung ibu hami.

Baca lainnya  Mie Instan Dengan Nasi

Mengandung banyak Mineral
Terdapat banyak jenis mineral pada kacang hijau, salah satunya kalsium dan zat besi. Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang dan jaringan pada janin dan selama masa menyusui bermanfaat untuk perkembangan tulang dan gigi bayi supaya tumbuh dengan cepat. Selain itu, sangat bagus untuk menghindari tulang keropos atau osteoporosis bagi ibu hamil. Sementara zat besi bermanfaat untuk ibu hamil selama proses melahirkan agar terhindar dari perdarahan.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan menyusui, jadikan makanan yang berbahan utama kacang hijau sebagai makanan favorit anda selama kehamilan dan menyusui karena sangat bagus untuk menjaga kesehatan bayi dan anda.

Sumber: http://www.hidupkusehat.com/2016/03/manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil.html

Share artikel ini:

One thought on “Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil”

  1. Pingback: Hindari Makanan Untuk Ibu Hamil Agar Kandungan Sehat
  2. Trackback: Hindari Makanan Untuk Ibu Hamil Agar Kandungan Sehat

Yuk bahas artikel ini!