6 Alat Ini Wajib Dimiliki untuk Membuat Kue Bagi Pemula

Peralatan Membuat Kue ala duniamasak via freepik.com

Sahabat duma, membuat kue merupakan kesenangan tersendiri bagi setiap orang yang menyukainya. Namun ada pula yang mengatakan bahwa membuat kue itu sulit dan sia-sia, lebih baik langsung beli jadi dan tidak perlu repot. Memang benar, untuk membuat kue bagi pemula memang sedikit sulit karena baru saja memulai. Untuk itu, kamu perlu tahu alat yang wajib kamu miliki nih, berikut di bawah ini:

Alat untuk Membuat Kue Bagi Pemula

membuat kue bagi pemula via marthastewart.com

membuat kue via marthastewart.com

Mixer

Mixer menjadi alat yang penting sebagai modal untuk membuat kue. Mixer merupakan alat mekanis yang digunakan untuk mencampur bahan adonan yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue. Pencampuran ini dikenal dengan mix dalam bahasa Inggris, sehingga alatnya dikenal dengan nama pencampur atau mixer. Dengan menggunakan mixer, proses pembuatan adonan menjadi semakin mudah dan cepat.

Baca lainnya  10 Tips Buka Puasa Bersama Agar Berjalan Lancar & Efektif

Timbangan, sendok, dan gelas ukur

Kue yang lezat berhasil dibuat karena dari resepnya. Takaran bahan harus sesuai dengan resep untuk mendapatkan kue yang diinginkan. Timbangan, sendok, dan gelas ukur akan memudahkanmu saat menakar bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan kue secara spesifik. Nah, apalagi bagi kamu pemula ya, mesti punya alat ini.

Spatula

Spatula berguna untuk mengaduk adonan hingga tercampur rata. Spatula sendiri tersedia dalam berbagai bahan seperti dari kayu, rubber, plastik, serta metal. Kamu bisa memilih spatula dengan bahan yang lentur dan elastis sehingga bisa fleksibel mengikuti bentuk wadah, juga tidak mudah patah.

Alat pengocok

Alat pengocok atau whisk ini memiliki bentuk balon pada ujungnya. Fungsi whisk ini mirip dengan mixer, sama-sama digunakan untuk mengaduk adonan. Whisk digunakan untuk mengolah adonan yang lebih ringan seperti kocokan putih telur atau saus. Pilihlah whisk yang memiliki banyak jalinan kawat agar adonan yang dihasilkan semkain berkualitas karena banyak udara yang masuk.

Baca lainnya  Tahukah Kamu Ternyata Psikologi Memasak Baik untuk Anak Usia Dini?

Loyang

Jika kamu masih pemula, kamu tidak perlu memiiki seluruh jenis bentuk loyang. Kamu hanya perlu memiliki loyang bentuk kotak atau bulat dan loyang pipih. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran ovemu. loyang pipih ini berguna untuk memanggang kue kering. Sedangkan loyang bentuk kotak atau bulat bisa kamu gunakan untuk membuat kue atau bolu.

Oven

Sebagian besar kue dibuat dengan cara dipanggang. Oven merupakan sebuah peralatan berupa ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan, pemanggangan (baking) atau pengeringan suatu bahan, dan umumnya digunakan untuk memasak. Jika kamu tidak memiliki oven listrik, kamu bisa menggunakan oven kompor.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!