Memilih Panci yang Sesuai untuk Bisnis Cathering

Memilih Panci via freepik ala tim duniamasak.com

Di era yang serba instant ini, banyak orang memilih hal-hal yang praktis dan tidak merepotkan. Begitu pula dengan makanan, orang-orang kini mulai beralih memlilih makanan cathering. Maka dari itu, inilah waktu yang tepat bagi Anda jika ingin merintis bisnis cathering. Bisnis ini tidak dapat dikatakan mudah karena begitu banyak hal yang harus diperhatikan. Diantaranya yaitu pemilihan perlengkapan memasak seperti panci, piring dan lain-lain. Kali ini kita akan membahas bagaimana memilih panci yang sesuai untuk bisnis cathering.

Memasak Mudah Dengan Panci yang Tepat

Memilih Panci Stockpot ZEBRA via duniamasak.com
Panci Stockpot ZEBRA via duniamasak.com

Panci merupakan perlengkapan wajib yang harus ada di dapur Anda. Ibaratnya dalam sebuah perang, Anda harus memiliki senjata Andalan untuk bisa menguasai medan peperangan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih panci untuk keperluan dapur cathering Anda.

Bahan Dasar Panci

Memilih panci tidak bisa dilakukan dengan gegabah. Anda harus memperhatikan dengan seksama bahan dasar pembuatan panci tersebut. Ada dua logam yang umum dipakai dalam pembuatan panci, yakni besi atau biasanya dikenal dengan stainless steel dan aluminium.

Stainless steel adalah material yang mengandung besi dan kromium untuk mencegah proses korosi atau pengaratan logam. Panci dengan bahan stainless steel akan menghantarkan panas lebih lambat sehingga proses pematangan masakan bisa lebih merata. Sedangkan panci dengan bahan alumunium, dikenal lebih cepat menghantarkan panas.

Baca lainnya  Ini Loh Alat Masak Tradisional yang Mulai Tergantikan dengan Alat Masak Modern!

Bentuk Panci

Anda akan menemui berbagai bentuk panci di pasaran sesuai dengan kebutuhan pemakaian panci, yaitu:

  • Panci stock pot, adalah panci yang berbentuk besar, dalam dengan dasar yang rata. Panci ini digunakan untuk merebus dalam jumlah yang banyak, misalnya merebus sup atau kaldu.
  • Panci penggorengan, sesuai namanya panci ini dibuat khusus untuk menggoreng. Bentuknya bulat dan dasar pancinya rata. Panci ini didesain agar dalam proses menggoreng, seluruh makanan bisa matang merata.
  • Panci besi skillet, panci ini mirip dengan panci penggorengan, hanya saja bahan pembuatannya adalah dari besi yang berat. Sehingga membutuhkan penanganan khusus dalam merawatnya. Tidak boleh direndam air terlalu lama, panci ini juga harus segera dikeringkan begitu selesai dicuci.
  • Panci tumis sayuran, bentuknya juga mirip panci penggorengan, panci tumis ini didesain lebih tinggi dan dilengkapi denga penutup sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk memanggang daging, menggoreng sekaligus merebus sayur.
  • Panci saus, termasuk jenis panci yang bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan. Dengan bentuknya yang tinggi sedang dan memiliki penutup, panci ini digunakan untuk membuat sup dengan jumlah yang tidak banyak.
  • Panci braiser, berbentuk besar dengan dasar rata dan dilengkapi penutup. Panci ini bisa langsung dipakai menghidangkan makanan begitu selesai dimasak.
  • Panci panggang, berbentuk bulat bahkan persegi panjang. Panci ini khusus dipergunakan untuk memanggang karena permukaannya didesain bergelombang.
  • Wok, panci bundar besar berdiameter sekitar 25cm ini lazimnya digunakan di restoran-restoran cina. Biasanya digunakan untuk menggoreng cepat, mengukur hingga menggoreng lama.
Baca lainnya  ACAKADUT, Pepper Rice Dengan Kearifan Lokal

Harga Panci

Jangan terpukau dengan harga yang murah. Panci berbahan baik pasti akan lebih mahal. Akan tetapi, panci yang baik memungkinkan Anda untuk memasak dengan sempurna sehingga Anda mendapatkan hasil masakan yang terbaik.

Panci memegang peranan penting dalam proses memasak Anda. Di samping itu, bisnis cathering adalah bisnis yang berkelanjutan. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam menentukan panci-panci yang Anda pergunakan. Jangan sampai Anda memilih panci karena harganya yang murah sehingga menyebabkan tidak maksimalnya hasil masakan ataupun panci yang tidak bertahan dalam waktu yang lama.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!