4 Tips Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dikonsumsi

https://loperonline.com/health/pare-si-pahit-pembunuh-utama-sel-kanker/23663/

Hai sahabat Duma, Jika kamu ingin mengonsumsi pare, kamu juga harus pandai untuk mengolah pare agar tidak pahit dan enak dimakan. Sebagaimana yang kita ketahui Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sayur dan buah. Dan salah satu sayur yang memiliki daya tarik cukup tinggi namun tidak semua orang bisa mengolah dan memasak adalah pare. Mengingat rasa pare yang pahit, hal inilah yang menjadikannya kerap kali diabaikan dan tidak disukai. Padahal pare merupakan salah satu sayur yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Pare, biasanya diolah menjadi masakan tumis ataupun direbus untuk sajian siomay. Agar kamu bisa menikmati masakan pare yang lezat dan tidak pahit, ada beberapa cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan pahit pada pare tersebut. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa pahit pare.

Tips Mengolah Pare dengan Mudah

Mengolah pare via www.ndikrulil.com

Mengolah pare via www.ndikrulil.com

1. Gunakan Gula Pasir

Potong pare menjadi menjadi dua bagian, buang isinya lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Selanjutnya, tambahkan gula kira-kira 5 sdm atau secukupnya. Campur potongan pare dengan gula pasir lalu remas-remas pare hingga air di dalamnya keluar. Remas terus hingga sebagian besar air pada pare keluar. Jika sudah, cuci pare dengan air bersih lalu peras lagi. Pare sudah siap untuk dimasak tumis bersama ikan asin, telur, dan bahan lain sesuai selera.

Baca lainnya  Seputar Alat Masak Kaca yang Wajib Kamu Ketahui
2. Gunakan Garam

Cara menggunakan garam sebenarnya sama dengan menggunakan gula. Kupas pare, buang isinya lalu potong kecil-kecil sesuai selera. Masukkan garam di dalam pare yang sudah dipotong dan diamkan kira-kira 15 – 30 menit. Peras pare hingga lemas dan sebagian besar air pare keluar. Cuci dengan air mengalir yang bersih sampai tekstur pare kesat.

3. Daun Jambu Biji

Penggunaan daun jambu biji untuk menghilangkan pahit pada pare cukup mudah. Sama halnya dengan cara pertama dan kedua, buang isinya lalu iris sesuai selera. Siapkan setidaknya 5 sampai 7 lembar daun biji. Cuci pare dan daun jambu biji lalu rebus pada air panas hingga layu. Tambahkan garam secukupnya untuk mempermudah menghilangkan pahit pada pare. Jika sudah layu, selanjutnya angkat pare dan saring lalu cuci dengan air bersih. Peras pare hingga kesat dan pare siap untuk ditumis ataupun dibuat sajian lainnya.

Baca lainnya  Apa Bedanya Hand Blender Dengan Blender Biasa?

4. Kombinasikan dengan Bahan Makanan yang Memiliki Rasa Cenderung Asin

Pare yang sudah melalui proses perebusan atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak lagi jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa asinnya kuat. Misalnya saja kecap asin, ikan, atau kacang kalengan yang direndam dalam air garam, serta masakan asin lainnya sesuai seleramu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!