Penting! Merawat Mesin Es Krim Agar Tahan Lama Menunjang Bisnismu

Merawat Mesin Es Krim via www.videoblocks.com

Jika kamu membuka bisnis es krim, tentu mesin es krim adalah peralatan wajib yang kamu punya. Nah, terkadang permasalah mesin es krim yang mudah rusak, sering menjadi kendala bisnismu. Oleh karena itu, kamu harus merawat mesin es krim agar tidak mudah rusak dan tahan lama. Beberapa cara di bawah ini akan mempermudah cara merawat mesin es krim untuk menunjang bisnis es krim mu ya!

Cara Merawat Mesin Es Krim Agar Tahan Lama Meskipun Rutin Digunakan

Bersihkan Bagian Food Grade Setelah Pemakaian

Cara mewawat mesin es krim yang pertama adalah membersihkan seal valve, distributor, baut press, handle, water receiver, oil seal, dan pin lock wajib dibersihkan. Penting untuk melakukan hal ini secara teratur ya sahabat duma! Tujuannya adalah agar mesin es krimmu tetap higienis sehingga es krim yang dihasilkan aman untuk di konsumsi. Apalagi, mesin yang tidak steril dan higienis sedikit banyak berpengaruh pada rasa es krim yang dihasilkan lho! Jadi, rutinlah membersihkan mesin es krim.

Baca lainnya  Berkreasi dengan Ide Unik untuk Ulang Tahun Keluarga dan Sahabat Tercintamu

Bersihkan Fan Cooling, Kipas, dan Evaporator Mesin

Nah cara merawat mesin es krim selanjutnya adalah dengan cara membersihkan kipas atau bagian dalam mesin berguna untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel selama mesin es krim digunakan. Banyaknya kotoran dan debu yang menempel akan membuat proses pendinginan dan pelepasan panas mesin es krim menjadi lambat. Tentu saja, produksi es krim akan terganggu karena pembuatannya menjadi lebih lama.

Merawat Mesin Es Krim GEA via DuniaMasak

Mesin Es Krim GEA via DuniaMasak

Cara membersihkannya dapat dilakukan menggunakan kuas yang lembut untuk menghilangkan debu secara perlahan. Usahakan kamu menggunakan kuas debu yang khusus untuk merawat mesin es krim.  Nah untuk membersihkan kipas atau bagian dalam ini harus dilakukan dengan hati-hati ya! Pada bagian ini, kamu cukup membersihkan dengan cara membuka kaper mesin. Jika kamu tidak yakin bisa melakukannya sendiri, kamu bisa meminta bantuan teknisi mesin tempat kamu membeli mesin es krim tersebut.

Baca lainnya  5 Makanan Favorit Khas Palembang yang Harus Kamu Cicipi

Berilah Greace Oil secara Teratur pada Bagian Part

Grace oil adalah krim minyak khusus yang terbuat dari zat tumbuhan alami. Nah, kamu sebaiknya mengoleskan grace oil secara rutin pada bagian part yang bersentuhan langsung dengan adonan es krim. Bagian-bagian ini seperti valve ring dan beater. Pelumas tersebut aman untuk dioleskan karena tidak mengandung zat berbahaya untuk dikonsumsi manusia.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!