Memilih Mesin Espresso yang Terbaik untuk Kebutuhanmu

Tips memilih Mesin espresso ala duniamasak via pexel.com

Memilih mesin espresso yang terbaik agar bisa digunakan tahan lama untuk kebutuhanmu adalah hal yang penting. Bagi kamu pecinta kopi, pun yang berencana mendirikan kedai kopi. Simak artikel berikut ya!

Perhatikan Fitur yang Melengkapi Mesin Espresso

Mesin espresso saeco odea giro

Mesin espresso saeco odea giro via duniamasak

Material Body

Sudah pasti, yang paling penting dari semua bahan pertimbangan adalah bahan yang digunakan seperti apa. Secara umum orang akan memilih bahan yang terbuat dari bahan padat karena hal ini mendukung ketahanan fisik dari mesin espresso. Namun demikian ada juga bagian-bagian seperti pegangan portafilter yang tidak terbuat dari bahan padat, atau fitur-fitur lainnya, hal ini juga harus diperhatikan.

Kapasitas Boiler

Berapa banyak kapasitas air bisa ditampung boiler untuk nantinya sebagai persediaan air seduhan untuk membuat secangkir espresso ketika dishot. Secara umum, asumsi yang berkembang kapasitas boiler yang besar harus dilengkapi dengan pemanas air seduhan yang mumpuni, hal ini terkait dengan efisiensi waktu ketika membuat espresso.

Double Boiler atau Heat Excharger

Jika ditanya mana yang paling bagus antara double boiler dengan heat exchanger, maka jawabannya akan berbeda-beda tergantung kebutuhan dalam menyajikan pesanan espresso. Namun, sebelum memilih antara double boiler atau heat exchanger mungkin sebaiknya harus mengetahui bagaimana double boiler tercipta. Faktanya sistem heat exchanger diciptakan terlebih dahulu dari double boiler.

Baca lainnya  Peralatan Dapur Yang Wajib Ada Buat Kamu Yang Baru Menikah

Water Pump

Perlu disepakati bersama, semakin tinggi tekanan shot untuk mengekstraksi bubuk kopi bukan berarti menjadi indikator untuk dapat menciptakan sajian espresso yang nikmat. Sebab membuat espresso yang nikmat bukan hanya seberapa tinggi tekanan water pump, tapi banyak lagi indikatornya pakah itu biji kopi yang baik, suhu air seduhan, kualitas tamping, dan banyak lagi. Sehingga 8 bar, 9 bar atau 15 bar water pump bukan menjadi tolak ukur dalam menciptakan sajian espresso, hal ini terkait dengan keahlian barista untuk menggunakan mesin tersebut. Jangan terlalu fokus untuk menambah tekanan water pump ketika membuat secangkir espresso, memang benar seberapa tinggi tekanan air seduhan membantu mendapatkan kualitas shot yang baik. Namun, tidak perlu khawatir pada teori tekanan air sebarapa bar, lebih baik konsentrasi bagaimana menciptakan espresso yang nikmat.

Baca lainnya  Minuman Herbal Berikut Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Daya Listrik dan Sistem Pemanas

Ketahui seberapa besar daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan mesin sebelum kamu membelinya. Hal ini sangat perlu dipertimbangkan, apakah daya listrik di kedai kopi mampu atau tidak untuk menjalankan mesin. Lalu, bagaimana sistem pemanas air pada boiler apakah menggunakan daya listrik atau menggunakan gas natural yang bisa dipasangkan pada mesin. Mesin espresso dengan sistem pemanas dari boiler menggunakan gas akan lebih hemat dibandingkan menggunakan daya listrik.

Negara Produksi

Tentu sebagai penikmat kopi, menjadikan negara produksi mesin espresso sebagai soalan yang seru untuk diperbincangkan bukan untuk menjadi pertimbangan. Akan menjadi seru jika memiliki mesin yang diproduksi dari negara Itali yang mana negara inilah pertamasajian espresso tercipta. Dan umumnya mesin espresso diciptakan di banyak negara di Eropa, dan yang paling trend untuk saat ini yaitu mesin espresso Kees van der Westen yang diproduksi di negara asalnya Belanda.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!