Sahabat Duma, Sebaiknya Berapa Kali Sih Minum Kopi?

Waktu terbaik untuk minum kopi ala duniamasak via freepik.com

Sebaiknya kita minum kopi berapa kali sih dalam sehari? Lalu faktor apa saja kah yang dilihat untuk minum kopi? Nah, jawaban tersebut dapat kamu temukan pada penjelasan tim dunia masak di bawah ini.

Minum Kopi

Minum kopi via shutterstock

Minum kopi via shutterstock

Beda orang, beda kebutuhan

Kebutuhan tubuh seseorang memiliki kalkulasi yang berbeda-beda tiap orang ya sahabat duma! Beberapa orang sanggup meminum kopi hitam berdosis tinggi dan merasa segar bugar sepanjang hari. Bagi sebagian orang, minum setengah cangkir saja bisa membuat mereka gelisah dan sakit perut. Jadi kenali terlebih dahulu kondisi tubuhmu.

Kesehatan Tubuh

Banyak yang mengatakan bahwa penyakit jantung juga dipengaruhi oleh kapasitas minum kopi. Jika kamu memiliki kondis medis akut atau tekanan darah kamu melewati batas normal, bicarakan dengan dokter atu ahli gizi pribadi tentang apa yang terbaik untukmu.

Perhatikan Pola Tidurmu

Satu hal yang kita tahu pasti, kafein mengganggu tidur nyenyak, setidaknya bagi sebagian besar orang. Mendapatkan tidur cukup adalah penting untuk fisik dan mentalmu, serta untuk membantu mengendalikan berat badan.

Baca lainnya  Tips Memilih Produk untuk Bisnis Restoran ala DuniaMasak

Aturan praktis yang baik untuk diperhatikan adalah: hentikan konsumsi segala jenis kafein, terutama kopi, setidaknya enam jam sebelum waktu tidurmu. Jadi, jika kamu tergoda untuk menyeduh secangkir kopi sore, cari cara lain untuk mengatasi rasa kantuk tersebut — jalan-jalan, misalnya, peregangan, atau minum segelas air putih dingin.

Faktor Genetik

Akibat variasi genetik yang mempengaruhi enzim tertentu dalam tubuh, beberapa orang dapat memecah kafein dalam waktu yang sangat lama. Hal ini cukup umum dan, untuk orang-orang ini, bahkan 1-2 cangkir kopi setiap hari saja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan hipertensi.

Jadi, kira-kira berapa cangkir kopi dalam sehari yang masih dianggap sehat?

Berapa cangkir kopi dalam sehari yang baik untuk kesehatan?

Sebuah studi terbitan Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa konsumsi kopi lebih dari 28 cangkir per minggu dengan rata-rata 4 cangkir setiap hari adalah porsi yang berlebihan. Peneliti menemukan bahwa pria dewasa muda yang mengonsumsi lebih dari 28 cangkir kopi per minggu memiliki peningkatan risiko terhadap kematian dari semua penyebab (masalah jantung, tekanan darah tinggi, dst) sebanyak 56 persen.

Baca lainnya  Olahan Cemilan dari Buah ini Harus Kamu Cobain Dirumah, Mudah Dibuat & Sehat!

Sementara wanita peminum kopi berat memiliki peluang lebih dari dua kali lipat dari risiko kematian. Secangkir kopi didefinisikan sebagai 8 ons kopi (240 ml). Sementara itu, studi menunjukkan bahwa konsumsi yang sama tinggi pada golongan lanjut usia tidak menunjukkan pengaruh apapun. Studi ini menunjukkan bahwa menghirup dua-tiga gelas kopi per hari masih tergolong dalam batas wajar dan sehat, dan mungkin membawa keuntungan.

Kembali lagi ya sahabat duma, semua tergantung kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuhmu untuk mengonsumsi kopi sehari-hari. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!