Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa Pilihan Tim Duma

Minuman segar untuk menu berbuka puasa via lifestyle.kompas.com

Bagaimana puasa hari pertamamu kemarin? Semangat ya sahabat duma menjalankan ibadah puasanya. Biasanya nih, selama bulan puasa kreasi minuman segar akan marak bermunculan. Kamu pun akan sering menemui minuman segar nan unik dijual di pasaran. Sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah loh. Dengan bahan-bahan yang mudah di dapat dan tentunya dengan resep sederhana ala tim duniamasak beriku ini.

Aneka Resep Minuman Segar

Es Kuwut minuman segar buka puasa via sahabatnestle.co.id
Es Kuwut minuman segar buka puasa via sahabatnestle.co.id

Resep Es Selendang Mayang

Bahan Resep Es Selendang Mayang Segar:

Bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung hunkwe kurang lebih sebanyak 120 gram saja. Daun pandan segar kurang lebih sebanyak 2 lembar saja. Cuci bersih daun pandannya lalu bikin simpul agar rapih ya.

Bahan selanjutnya adalah tepung beras dengan kualitas kurang lebih sebanyak 70 gram saja. Air campuran dari daun suji dan daun pandan agar lebih harum kurang lebih sebanyak 25 ml saja diambil dari 2 daun pandan dengan sekitar 24 pcs daun suji.

Selanjutnya siapkan pewarna makanan dengan warna hijau. Oiya, pastikan pewarna makanan yang aman ya sahabat duma. Pewarna makanan warna merah yang aman secukupnya. Vanila bubuk kurang lebih sebanyak 0.5 sendok teh saja supaya lebih harum.

Siapkan juga garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera. Air bersih kurang lebih sebanyak 900 ml saja. Es yang sudah diserut secukupnya sesuai selera. Bahan sirup gula merahnya adalah daun pandan kurang lebih sebanyak 2 pcs, air bersih secukupnya (kurang lebih 150ml) dan gula merah kurang lebih sebanyak 220 gram.

Baca lainnya  Resep Membuat Kue Mochi Ice Cream Sederhana

Jangan lupa menyiapkan bahan saus santannya ya sahabat duma. Siapkan bahan seperti: santan kental kurang lebih sebanyak 650ml, daun pandan yang diikat kurang lebih sebanyak 2-3 pcs dan garam dapur beryodium secukupnya.

Yuk Membuat Es Selendang Mayang

Langkah pertama adalah siapkan panci ukuran sedang yang berisi kurang lebih sebanyak 900 ml air bersih. Masukkan tepung beras bersama dengan vanila bubuk, daun pandan yang sudah disimpul, garam dapur beryodium secukupnya dan tepung hunkwenya kemudian aduk-aduk dan masak sampai mendidih atau meletup.

Oiya, triknya adalah harus sering diaduk ya agar tercampur rata dan tidak lengket ke pancinya. Bagi rata adonan dan campuran selendang mayang di atas menjadi 3 bagian rata.

1 bagian diberi pewarna makanan merah. 1 bagian diberi perwarna hjau yang dicampur dengan air daun suji putih dan 1 adonan biarkan tetap berwarna putih. Selanjutnya siapkan loyang ukuran sedang dan jangan lupa diolesi minyak di atasnya agar tidak lengket ya.

Kemudian tuang adonan hijau ke dalam loyang di atas disusul oleh adonan berwarna putih dan terakhir adonan berwarna merah. Urutan bisa dibalik atau disesuaikan selera. Tunggu sampai dingin lalu dipotong-potong.

Selanjutnya sembari menunggu selendang mayang dingin, kita lanjut membuat sirup gula merahnya yuk! Masak air secukupnya bersama dengan irisan gula merah dan daun pandan yang sudah disimpul. Aduklah hingga mendidih dan wangi. Jangan lupa disaring ya agar kotorannya terpisah.

Untuk kuah santannya, siapkanlah panci dan masak santan yang udah disiapkan bersama dengan daun pandan dan garam dapur beryodium. Masaklah sambil diaduk-aduk sampai mendidih.

Baca lainnya  Pasar Apung Sentul City: Ah Poong, Nikmati Keseruan Wisata Kuliner

Untuk penyajiannya, masukkan potongan selendang mayang diatas dan sirami dengan gula dan kuah santannya. Terakhir masukkan es secukupnya sesuai selera. Wah minuman segar es selendang mayangpun siap dihidangkan saat berbuka puasa.

Minuman Segar Es Kuwut

Bahan dan Cara Membuat Resep Es Kuwut:

Yuk kita lanjut untuk minuman segar lainnya. Kali ini tim duma akan bagikan resep es kuwut khas orang-orang Bali nih.

Bahan Resep Es Kuwut:

Bahan utama yang dibutuhkan adalah kelapa muda segar 1 buah. Kerok bagian dagingnya lalu sisihkan. Kemudian siapkan buah melon segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1/2 bagian saja. Buang bijinya lalu kerok dagingnya.

Air kelapa segar diatas kurang lebih sebanyak 650 ml saja ya sahabat duma, atau bisa sesuai porsi yang kamu butuhkan. Biji selasih secukupnya sesuai selera. Jeruk nipis ukuran sedang kurang lebih sebanyak 5 pcs. Peras dan ambil air jeruknya saja. Siapkan juga air gula secukupnya sesuai selera dan tak lupa es batu secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Es Kuwut Segar Yang Praktis

Siapkan mangkok kaca ukuran agak besar lalu masukkan potongan melon, daging kelapa muda dan biji selasihnya. Tuang air kelapanya bersama dengan air gula secukupnya. Masukkan air perasan jeruk nipisnya dan aduk-aduk supaya tercampur rata. Terakhir masukkan potongan es batu dan es kuwut segar siap dihidangkan. Minuman segar es kuwut siap disajikan saat berbuka puasa.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!